Laporkan Masalah

Keputusan menekuni bisnis Network Marketing :: Studi kualitatif pada member Amway di Yogyakarta

HADIPRANATA, Qurrata A'yunina Ciptantri, IJK. Sito Meiyanto, Ph.D

2006 | Tesis | S2 Psikologi (Psikologi Industri dan Organisasi)

Penelitian kualitatif-deskriptif, yang banyak menggunakan cara-cara grounded research ini bertujuan untuk mengetahui alasan individu dalam menekuni bisnis network marketing. Penelitian ini berusaha melihat latarbelakang individu untuk akhirnya memutuskan menekuni bisnis network marketing, sementara masih banyak orang yang berpersepsi yang kurang positif terhadap bisnis ini, akibat banyak kerugian yang ditimbulkan dari bisnis money game yang disamaratakan dengan bisnis network marketing. Penelitian ini menggunakan wawancara yang mendalam (in-dept interview) untuk mengumpulkan data dari 5 orang responden (sumber informasi). Pengambilan sumber informasi dengan menggunakan teknik purposive random sampling, karena dengan pemilihan ini peneliti memilih sumber informasi yang dapat memberikan informasi yang peneliti perlukan untuk menjawab pertanyaan penelitian ini. Dalam melakukan penelitian kualitatif-deskriptif, yang banyak menggunakan cara-cara grounded research, metode pengambilan data akan digu-nakan metode observasi dan wawancara mendalam guna menjawab pertanyaan penelitian tentang alasan apakah individu memutuskan menekuni bisnis network marketing. Analisis data dilakukan sesuai dengan pendekatan grounded theory yang terdiri dari dua jenis coding yaitu 1) Open coding, 2) Axial coding. Validitas hasil penelitian dengan menggunakan intersubjective validity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun masih banyak masyarakat yang berpersepsi kurang positif terhadap bisnis network marketing, namun para member Amway setelah melihat lebih dalam bagaimana bisnis ini sebenarnya, akhirnya memutuskan untuk tetap menekuni bisnis ini, karena merasa mendapat-kan manfaat positif, antara lain pengembangan diri menjadi lebih positive thinking, memperbaiki hubungan suami istri. Selain itu ada alasan terbesar yang membuat para network marketer memutuskan untuk menekuni bisnis ini, yaitu harapan untuk mendapatkan time freedom dan financial freedom setelah mereka mencapai peringkat diamond. Adanya dukungan dari keluarga, dan adanya kesempatan untuk naik ke peringkat yang lebih tinggi dengan pendapatan dan bonus yang lebih besar, juga sangat mempengaruhi eksistensi mereka dalam menekuni bisnis network marketing ini.

A qualitative-descriptive research, which uses many ways of this grounded research, has purposed to observe individual reason on persisting network marketing business. This research attempted to look at individual background who finally decided to persist network marketing business, while still many people have less positive perception to this business caused many losses effected from money game business that equated with network marketing business. This qualitative research uses in-dept interview to collect data from 5 respondents (the information source). This information was taken using purposive random sampling technique, since with such selection the research choose information source that can give information the researcher needed for answering the research question. The data collection method will used observation and in-depth interview methods to answer the research question on what reason the individual decided to persist the network marketing business. The data analysis was performed in agree with the grounded theory approach that consist from two kinds of coding that is 1) Open coding, 2) Axial coding. The research validity was performed by using intersubjective validity. The result shows that although still many communities that have less positive perception to the network marketing business, but Amway’s member after looking more deep how the business really was, finally decided to persist this business constantly, since felt getting positive benefit, among other self-developing becomes more positive thinking, improving couple relathionship, etc. In addition, there was significant reason which made the network marketer decided to persist this business, that is the expectation to get time freedom and financial freedom after they got diamond level. The existence of family support, and opportunity to rise at higher level with greater income and bonuse has influence also their existence on persisting this network marketing business

Kata Kunci : Bisnis Network Marketing,Pengembangan Diri, Network marketing, Amway


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.