Laporkan Masalah

Analisis hubungan praktek TQM, kinerja bisnis dan kepuasan konsumen pada industri manufaktur

WAHYUDI, Danang, Dr.Ir. Adi Djoko Guritno, MSIE

2006 | Tesis | S2 Manajemen

Total Quality Management (TQM) merupakan proses yang telah banyak diterapkan dalam perusahaan untuk meningkatkan daya saing perusahaan, namun keberhasilan penerapan TQM masih beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara praktek TQM, kinerja bisnis dan kepuasan konsumen pada perusahaan-perusahaan manufaktur, dan menganalisis apakah ada dampak yang signifikan dari kepuasan kepuasan konsumen terhadap kinerja bisnis. Sebuah model dalam penelitian ini digunakan untuk menganalisis hubungan ketiganya. Dengan menggunakan sampel sebanyak 101 perusahaan manufaktur dari 18 jenis industri, dianalisis apakah praktek TQM berdampak signifikan terhadap kepuasan konsumen, apakah praktek TQM berdampak signifikan terhadap kinerja bisnis, dan apakah kepuasan konsumen berdampak signifikan terhadap kinerja bisnis. Sebelum dilakukan analisis terhadap hipotesis dalam penelitian ini, uji validitas dan reliabilitas telah dilakukan, juga terhadap model dalam penelitian ini dilakukan uji kesesuaian model (test of goodness of fit) dengan menggunakan Amos 4.0, dimana hasil dari uji kesesuaian model adalah bahwa model dalam penelitian ini baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktek TQM memberi dampak yang signifikan terhadap kepuasan konsumen dan kinerja bisnis, tetapi kepuasan konsumen memberi dampak tidak signifikan terhadap kinerja bisnis.

Total Quality Management (TQM) represents the process which is widely used by companies to increase the competitiveness of the company, although its success are mixed. The purpuses of the study were analyze the relation among TQM, business performance and customer satisfaction in the manufacturing companies and examine whether there was a significant effect of customer satisfaction on the business performance. A model was adopted to analyze the relation of the three concepts. Using sample consisting of 101 manufacturing company from 18 industries, the study analyzed whether the TQM practices significantly affected the customer satisfaction, whether TQM practices significantly affected the business performance and whether the customer satisfaction significantly affected the business performance. Prior to the analysis oh the hypothesis, validity and reliability test were conducted in addition to the test of goodness of fits using Amos 4.0 and it indicated that model in the research was sufficient. The result indicated that TQM practices had significant influence on the customer satisfaction and business performance, but the customer satisfaction gave the insignificant influence on the business performance

Kata Kunci : Total Quality Management,Kinerja Bisnis,Kepuasan Konsumen, TQM, customer satisfaction, business performance


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.