Analisis pengaruh merek, Country of Design dan Country of Manufacture pada persepsi kualitas dan niat beli
SURYANDARI, Sofia Yustian, Dr. B.M. Purwanto, MBA
2006 | Tesis | S2 ManajemenPenelitian ini menguji pengaruh merek, country of design dan country of manufacture pada persepsi kualitas dan niat beli. Konsumen biasanya akan menilai kualitas dari suatu produk berdasarkan informasi mengenai produk. Pada penelitian ini menggunakan variabel independen yang merupakan informasi extrinsic cues yang berupa merek, country of design dan country of manufacture. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen desain faktorial between subject. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa S1 dari Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia dan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional. Hasil dari dari penelitian ini adalah bahwa merek, country of design dan country of manufacture yang dipersepsikan tinggi oleh konsumen berpengaruh terhadap persepsi kualitas dan niat beli. Hasil penelitian ini didiskusikan dan juga terdapat petunjuk untuk penelitian pada masa mendatang
This study examines the effects of brand, country of design and country of manufacture on quality perception and buying intention. Consumer usually rated the quality by the information about the product it self. Brand, country of design and country of manufacture are used as independent variables. An experiment is conducted to undergraduate students of Universitas Islam Indonesia and Universitas Pembangunan Nasional. The results show that favorable brand, country of design and country of manufacture positively influence quality perception and buying intention. The mayor findings are discussed and directions for future research are suggested.
Kata Kunci : Manajemen Pemasaran,Pemasaran Internasional,Merek dan Citra Negara,Niat Beli, International Marketing, Brand, and Country Image