Laporkan Masalah

Kebijakan Corporate Social Responsibility oleh Multinational Corporation sebagai International Norm :: Studi kasus PT. Unilever Indonesia, Tbk

WIJANARKO, Bondan, Dra. Siti Daulah Khoiriati, MA

2006 | Tesis | S2 Ilmu Politik (Hubungan Internasional)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang dilakukannya tanggung jawab sosial perusahaan oleh sebuah perusahaan multinasional. Ha l ini menarik untuk diteliti karena iklim dari sebuah perusahaan yang menitikberatkan pada maksimalisasi keuntungan mau melaksanakan program tanggung jawab sosial. Hipotesa yang diajukan penulis yaitu (1) tanggung jawab sosial perusahaan dilakukan oleh sebuah perusahaan multinasional dalam rangka mempertahankan legitimasinya dalam sebuah komunitas, (2) tanggung jawab sosial perusahaan dilakukan oleh perusahaan multinasional karena tanggung jawab sosial perusahaan telah menjelma sebuah norma internasional dalam rejim perdagangan internasional. Subyek penelitian ini yaitu PT. Unilever Indonesia, Tbk (ULI). ULI merupakan sebuah perusahaan multinasional terbesar yang beroperasi di Indonesia. ULI mempunyai berbagai macam program sosial. Melalui ULI, penulis berkeinginan untuk melihat fenomena tanggung jawab sosial perusahaan dan melihat bagaimana sebenarnya tanggung jawab sosial perusahaan dilaksanakan di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan telah berkembang menjadi sebua h norma internasional dalam rejim perdagangan internasional hal ini dibuktikan dengan munculnya bentuk institusional dari tanggung jawab sosial perusahaan dan munculnya aturan baku mengenai tanggung jawab sosial perusahaan dengan disahkannya ISO 26000 pada tahun 2008 nanti. Implementasi tanggung jawab sosial perusahaan di Indonesia sangat komprehensif dan dapat mendukung pembangunan komuniti lokal di Indonesia.

The objective of this research was to study why multinational corporations implement corporate social responsibility in their business policy. Corporate social responsibility is an interesting phenomenon, because multinational corporation nature is to maximize their profit and only responsible to their shareholders, willing to do the corporate social responsibility. Researcher argue two arguments about corporate social responsibility, first argument is multinational corporation implement corporate social responsibility because they want to keep or to maintain their legitimacy between the local communities. Second argue is corporate social responsibility has transform into international norm in international regime. This transformation force multinational corporations to implement corporate social responsibility in order to be a sustainable corporation. The subject of this research is PT. Unilever Indonesia, Tbk (ULI). ULI is a multinational corporation which operates in Indonesia. ULI has several social programs which related to corporate social responsibility. Through ULI, researcher would like to study the phenomenon of corporate social responsibility and to study the implementation of corporate social responsibility in Indonesia. The result of this research indicates that corporate social responsibility has transforms into international norm. This result is support by several evidences, one of which is there will be a standard regulation and implementation of corporate social responsibility by the year 2008. This standard regulation and implementation of corporate social responsibility will be organized in ISO 26000.

Kata Kunci : Perusahaan Multinasional dan Komunitas Lokal,Program Corporate Social Responsibility, Corporate Social Responsibility and International Norm


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.