Persaingan partai politik lama dan baru dalam pemenangan pemilihan umum :: Studi terhadap strategi Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Keadilan Sejahtera dalam pemenangan pemilihan umum legislatif 2004 di Kota Banda Aceh
MUCHTAR, Mahdani, Dr. I Ketut Putra Erawan, MA
2006 | Tesis | S2 Ilmu Politik (Politik Lokal dan Otonomi Daerah)Pemilu merupakan ajang persaingan diantara partai politik dalam memperebutkan kekuasaan dan pengaruh serta dukungan dari masyarakat. Pencapaian kemenangan dalam pemilu telah menjadi tujuan politik bagi setiap partai politik. Agar dapat memenangkan pertarungan dalam pemilu dibutuhkan berbagai usaha, upaya dan tindakan oleh partai politik yang terangkum dalam strategi pemenangan pemilu. Penggunaan strategi yang tepat sangat berhubungan dalam mengsinergikan seluruh potensi partai, baik itu aspek kepemimpinan, kepengurusan, pengkaderan, program kerja, simpatisan dan dana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis persaingan partai politik lama dan baru dalam pemenangan pemilu, yakni studi terhadap strategi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam pemenangan pemilu legislatif 2004 di Kota Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang bersifat komparasi dengan mengfokuskan pada strategi partai politik dalam pemenangan pemilu, yaitu pertama, aspek strategi pemasaran politik yang meliputi segmentasi, targeting dan positioning. Kedua, aspek strategi ofensif yang meliputi strategi ofensif memperluas pasar dan strategi ofensif menembus pasar. Ketiga, aspek strategi defensif yang meliputi strategi defensif mempertahankan pasar dan strategi defensif menyerahkan pasar. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa kualititatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data yang telah dilakukan, maka diperoleh kesimpulan mengenai strategi PPP dan PKS dalam pemenangan pemilu legislatif 2004 di Kota Banda Aceh. Strategi pemasaran politik PPP Kota Banda Aceh masih memposisikan sebagai partai politik Islam yang hanya memfokuskan pada pemilih Islam saja, terutama terhadap pemilih tradisional. Pada aspek strategi ofensif, PPP Kota Banda Aceh sangat dominan menggunakan simbol-simbol dan isu-isu Islam untuk meraih dukungan masyarakat, sedangkan pada aspek defensif lebih memprioritaskan pada upaya pembenahan organisasi partai dan rekonsolidasi internal partai. Berbeda halnya dengan strategi PKS Kota Banda Aceh dalam pemenangan pemilu, strategi pemasaran politik PKS Kota Banda Aceh memposisikan sebagai partai politik Islam yang concern terhadap kegiatan dakwah Islam dengan memfokuskan pada perluasan kelompok pemilih, terutama terhadap pemilih pemula dan pemilih yang tidak memiliki ideologi politik. Pada aspek strategi ofensif, PKS Kota Banda Aceh lebih menonjolkan pada kekuatan kader partai, pendekatan dakwah dan pemanfaatan media, sedangkan pada aspek defensif menekankan pada logika agama Islam dan penguatan kelembagaan partai. Terhadap berbagai strategi pemenangan pemilu oleh partai politik, yang perlu diperhatikan oleh setiap partai politik yaitu pentingnya sebuah partai politik yang konsistensi terhadap ideologi yang dianut. Disamping itu, dalam melakukan pergerakan partai, setiap partai politik tetap memperhatikan terhadap keberadaan basis pemilihnya.
Election is a competition arena against politics in wining power, effect, and support of society. Election wining achievement has been politic objective for each political party. Election wining needs various efforts, energies and actions of political parties included in election wining strategy. Use of appropriate strategy is closely related to synergy of all political parties, either aspects of leadership, management, cadre, work program, sympathizers, and fund. This study intends to understand and analyze competition of old and new political parties in wining election, study on a strategy of Partai Persatuan Pembangunan (PPP) and Partai Keadilan Sejahtera (PKS) in wining legislative election of 2004 in Kota Banda Aceh. Study types used were comparative-descriptive study focusing on strategy of political parties in wining election; first, aspect of political party strategy consists of segmentation, targeting, and positioning. Second, aspect of offensive strategy consists of offensive strategy to expand and penetrate market. Third, aspect of defensive strategy consists of defensive strategy to defend and transfer market. Data analysis used was qualitative analysis. Data were collected by interview, observation, and documentation studies. Based on results of study and data collection, there is conclusion concerning strategy of PPP and PKS, in wining legislative election of 2004, in Kota Banda Aceh. The marketing strategy of PPP in Kota Banda Aceh still posits its strategy as Islamic political party only focusing on Islamic voters, especially traditional voters. In terms of offensive strategy, PPP of Kota Banda Aceh is dominantly using Islamic symbols and issues to get society supports; whereas, in terms of defensive strategy, it prioritizes efforts of party organization solution and internal party reconsolidation. Different from Kota Banda Aceh PKS strategy in wining election, the political marketing strategy of Kota Banda Aceh PKS posits it as Islamic political party concerned with Islamic missionary activities focusing on voter group expansion, especially young voters and those who do not have political ideology. In aspect of offensive strategy, PKS of Kota Banda Aceh more prioritizes party cadre strength, Islamic missionary approach, and use of media; whereas, in aspect of defensive strategy, it emphasizes on Islamic religion logic and party institution strengthening. In case of election wining strategy of political parties, each of political parties should pay attention at followed ideology. In addition, in focusing on party movement, each of political parties remains to pay attention at presence of voter basis.
Kata Kunci : Parta Politik dan Pemilu,Persaingan, political strategy, political parties, election wining.