Laporkan Masalah

Hegemoni terhadap Naga Sasra dan Sabuk Inten karya S.H. Mintardja

SUPRIYANTO, Teguh, Promotor Prof.Dr. Siti Chamamah Soeratno

2006 | Disertasi | S3 Ilmu Sastra

Munculnya sastra populer di Indonesia baru mendapat perhatian para peneliti pada awal abad 20-an. Namun, penelitian sastra populer masih pada taraf menemukan nilai atau manfaat yang terkandung di dalam teks. Dalam perkembangannya penelitian mencoba menemukan pola pikir masyarakat yang tergambar pada teks sastra. Oleh karena itu, melalui pendekatan sosiologi sastra diharapkan penelitian sastra populer tidak berhenti pada teks sastra itu sendiri. Melalui penelitian hegemoni diharapkan dapat diungkap bagaimana ideologi teks dan bagaimana ideologi tersebut memiliki peran dalam membentuk masyarakat. Dalam pandangan Gramsci, teks sastra adalah situs hegemoni dan sekaligus alat hegemoni. Sebagai situs hegemoni teks sastra menjadi ajang perebutan ideologi. Di dalam teks sastra terdapat banyak ideologi teks-teks yang saling berebut ke arah ideologi hegemonik. Namun, teks sastra juga dapat dimanfaatkan ideologi lain untuk membentuk masyarakat dalam rangka hegemoni masyarakat. Dalam konteks inilah penelitian sastra populer memiliki peran penting. Sebagai studi kasus peneliti mengambil sastra populer jenis cerita silat, yaitu cerita silat Nagasasra dan Sabuk Inten karya S. H. Mintardja. Masalah yang dibahas dalam teks Nagasasra dan Sabuk Inten adalah (1) apakah NSSI itu sebagai situs pertarungan ideologi-ideologi, (2) bagaimana peta ideologi yang ada dalam teks, (3) bagaimana pola negosiasi dan relasi antarideologi di dalam teks, (4) bagaimana posisi NSSI dalam struktur sosial berbasis kelas. Untuk memecahkan persoalan tersebut maka aspek yang dibahas adalah (1) struktur teks, (2) peta ideologi, (3) tradisi teks (intertekstual), (4) konteks sosial ideologis teks. Tujuan dan manfaat penelitian adalah untuk mengembangkan ilmu sastra terutama sastra populer. Secara khusus bertujuan untuk mengungkap dan menemukan ideologi yang hegemonik dalam sastra populer serta peranannya dalam konteks ideologi hegemoni terhadap masyarakat. Secara teoretis penelitian ini memberikan manfaat di bidang teori sastra khususnya masalah teks sastra populer dan memberikan sumbangan model penelitian hegemoni terhadap sastra populer. Secara praktis, hasil penelitian ini dapat memberikan kesadaran dan daya kritis masyarakat terhadap praktik hegemoni yang berlangsung melalui sastra populer. Hasil penelitian NSSI menunjukkan bahwa sastra populer digunakan sebagai alat hegemoni terhadap masyarakat. Namun, sastra populer itu sendiri merupakan situs hegemoni. Hal ini dapat dibuktikan melalui aspek tekstual cerita silat NSSI. Struktur cerita silat NSSI terbangun atas beberapa pasangan oposisi. Oposisi tersebut membentuk medan semantis yang secara vertikal memiliki arkesemem sebagai muatan ideologis. Secara horizontal, medan semantis tersebut tidak bersifat eksklusif sehingga secara semantis dapat saja berulang. Puncak dari medan semantis adalah kasar-halus (agal--alus), yaitu dua kutub yang selalu diperjuangkan dalam rangka pencapaian kesaktian. Manakala berada dalam kutub agal, sebenarnya berdiri pada suatu kenyataan. Akan tetapi, jika mencapai keadaan alus, yaitu keadaan yang diidealkan, akan diperoleh kesaktian (kuasa). Sakti merupakan bentuk ideologi mitos yang hanya mungkin dapat tercapai melalui unsur kasar (agal) ke arah kehalusan (alus). Dalam wujudnya, sakti tampak sebagai bentuk penyatuan antara yang kasar dan yang halus meskipun sesungguhnya tidaklah selalu demikian. Unsur kasar secara otomatis akan dilewati dalam rangka pencapaian yang halus (yang ideal) sehingga bisa jadi unsur kasar akan dibuang pada taraf kehalusan. Usaha ke arah yang ideal (alus) memerlukan penerobosan medan-medan semantis. Itulah alur cerita. Tokoh bergerak dalam jeratan ruang medan-medan semantis yang secara ideologis sangat kompleks. Alur cerita silat NSSI bergerak memutar melingkar karena jeratan medanmedan semantis. Pergerakannya mengikuti penunjuk (drive), yaitu ramalan wali. Peta ideologi dapat diketahui melalui tiga situs ideologis, yaitu situs ideologi di dalam istana, tanah perdikan, dan di luar istana. Ideologi di dalam istana yaitu ideologi Islam yang memiliki otoritas kebudayaan dominan. Ideologi yang memiliki otoritas kebudayaan residual adalah ideologi Hindu-Budha Majapahit. Ideologi dominan di luar istana adalah ideologi Hindu-Budha Majapahit, sedangkan ideologi Islam menempati posisi sebagai ideologi bangkit. Ideologi residual tampak pada masyarakat di padukuhan yang terpencil. Di tanah perdikan ideologi yang dominan adalah ideologi Hindu-Budha Majapahit, sedangkan ideologi Islam menempati posisi ideologi bangkit. Ideologi residual tampak hidup dalam masyarakat perdesaan. Ketiga wilayah ideologis tersebut selalu bersifat dinamis dan melakukan relasi-relasi, baik dalam institusi maupun dalam taraf elemen sehingga memungkinkan ketiga wilayah saling bertukar. Ideologi hegemoni yang terdapat dalam cerita silat NSSI adalah ideologi feodalisme. Melalui mitos penerobosan pada wilayah-wilayah dominasi, residual, dan bangkit dapat terwujud tanpa harus membatasi wilayah tersebut. Mitos mampu mencairkan ketiga wilayah itu sehingga mitos mampu menjadi mediasi. Sumber cerita silat NSSI adalah teks-teks babad dan wayang. Sumber utama cerita adalah teks Babad Tanah Jawi. Cerita mitos tersebut ditransformasikan ke dalam teks NSSI dengan cara dimanipulasi, dibentuk, dan diciptakan kembali. Di dalam teks, ideologi berjuang ke arah hegemoni melalui praktik negosiasi dan relasi antarideologi. Pola negosiasi bersifat sementara sementara pola relasi bersifat tetap. Ideologi feodalisme malakukan praktik negosiasi dengan mitos dan praktik relasi dengan ideologi kapitalisme. Dalam tataran teks, ideologi kapitalisme dipermainkan oleh ideologi feodalime. Praktik negosiasi dan relasi di luar teks berlangsung sebaliknya. Ideologi kapitalisme menempati posisi yang hegemonik. Posisi NSSI dalam struktur sosial berada pada posisi kelas kapitalisme. Supaya dapat diterima (populer) dalam masyarakat, NSSI harus melakukan praktik negosiasi dan relasi ideologis. Sastra disebut populer ketika ia juga bersifat populis karena mampu bernegosiasi dengan pemikiran awam (common sense).

Although there has been a growth of interest in popular fiction over the early twentieth century in Indonesia, no one can claim that it has been as a central component of literary studies. The history of Indonesian literature still could not include popular fiction as a part of its series. Most literary scholars have conservative as well as innovative view that popular fiction is a product of low culture. On the other hand serious literature enjoys the title as high class literature because it is regarded as the product of high literature. However, there are some indications that this attitude is changing and that popular fiction is beginning to be accepted as a serious area of literary studies in Indonesia. In the previous years, some scholars only dealt with the content and moral values of the texts. In the development, they have been trying to find out of the thoughts and worldview pattern of the society described in the text. Using the Sociology of literature as an approach, it is expected that the studies on popular literature will cover wider areas and not merely deal with the text.. The study of hegemony is expected to identify the ideology of the text and how the ideology plays its role in formatting the societies. One of the most important breakthroughs in the study of popular fiction has been the realization that the links between the text and society are present in the text itself. Gramsci noted that literary is a hegemony institution and a hegemony device. As institution, there are a number of ideologies which compete to grasp the hegemony in order to become the hegemonic ideology in the literary text. The literary text can be used as a hegemonic device to form the society. Based on this paradigm was this research conducted. The object of this study is silat story from S. H. Mintardja’s Naga Sasra and Sabuk Inten. The problems are: (1) a text-- as an ideological institution -- is there any conflicts of ideologies., (2) what is the map of ideologies of the text, (3) How is the pattern of ideological negotiations and relations, (4) where is the position of the NSSI in the social structure based on class? To reveal them it can only be solved by criticizing (1) the structure of the text, (2) ideological map of the text, (3) text traditions (intertextualism), and (4) ideological and social context of the text. The goal and advantages of this research are: to develop literary criticism especially popular literature. This research also aims to reveal the hegemonic ideology in a text and the roll of its in the hegemonic and ideological context. Theoretically, this research will contribute to the theory of popular literature and contribute the model of hegemonic research. Practically, the conducts of this research can give an awareness to the society from the hegemonic process via popular literature. The results of the research show that NSSI, a silat story, is in fact used as a hegemonic device in the society. The structure of the NSSI text is established from some binary opposition constructed either in vertical or horizontal semantic areas. In vertical semantic areas, the binary opposition has ideologies as archesemem. In the horizontal semantic areas, there are not exclusive; as a result, there are sometimes repeated. The peak of the semantic areas is binary opposition of rough-smooth (kasar/ agal – alus). When we live in the agal, it means we are in reality, meanwhile if we reach the alus position, it means we hold the power (sakti). The sakti is the myth element and can only be reached through the agal position. In the real form, sakti seems as the unity of agal and alus. The agal element will be automatically thrown away when we are in the alus level. The plot is formed by breaking through the semantic areas. The characters move through the complex semantic areas. The movement follows the drive of prophecy (ramalan). The ideological map lies in the three ideological institutions: palace, outside of palace, autonomous region (tanah perdikan). The moslem ideology is dominant in the palace. The Majapahit’s Hidus-Budha ideology is residual. The dominant ideology in the outside of the palace is the Majapahit Hindus-Budha ideology, meanwhile moslem ideology is the emergent ideology. The people in the suburban areas (villages) hold residual ideology. The Majapahit Hindus-Budha ideology is dominant in the autonomous region. Myth have been able to synchronize the three ideological institutions because they have dynamic relation. Both in the institutional are and in the element are. This makes the three ideological institutions exchange place. The hegemonic ideology of the text, according to the hero characters, is the feudalistic ideology. The myth element has become the mediation of the three regions of ideologies. The source of the story in NSSI is the babads (historiography) and wayang. The main source is the Babad Tanah Jawi. This story of Babad Tanah Jawi, especially the myth is transformed into NSSI after its being manipulated, recreated, and reformed. In the text, the struggle of ideologies to reach the hegemonic ideology by negotiation and relation. The pattern of negotiation is unstable and the pattern of relations is stable. The feudalism affiliates to the myth element. In a text, the capitalism was played and thrown away. The negotiation and relations also happen in extra textual. The Capitalism is hegemonic ideology. The NSSI position lies in the class of capitalism. According to be received and popular in society, NSSI could negotiate and relate to other ideologies. Literature means popular when it has popular nature because it could negotiate to the common sense. The NSSI text has been used as a device of hegemony. Through myth as mediation, it can be drawn that there is a relation between text and society. The relation has a modeling manner.

Kata Kunci : Naga Sasra dan Sabuk Inten,Ideologi,Hegemoni,Naga Sasra dan Sabuk Inten


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.