Laporkan Masalah

Pengaruh image toko terhadap loyalitas toko pada Alfa Toko Gudang Rabat Surakarta

PUTRO, Aji Tirtoyo, Bayu Sutikno, SE.,MSM

2005 | Tesis | Magister Manajemen

Studi ini bertujuan untuk meneliti ada tidaknya pengaruh positif image toko terhadap kepuasan konsumen pada Alfa Toko Gudang Rabat Surakarta, meneliti ada tidaknya pengaruh positif kepuasan konsumen terhadap loyalitas toko pada Alfa Toko Gudang Rabat Surakarta dan meneliti atribut image toko yang paling berpengaruh dalam loyalitas toko di Alfa Toko Gudang Rabat Surakarta. Tes pendahuluan dilakukan di Alfa Gudang Rabat Surakarta dan ditemukan dua buah pertanyaan image toko yang tidak valid dan dihilangkan untuk analisis selanjutnya. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data, dengan 100 responden yaitu konsumen yang saat penelitian berlangsung berbelanja di Alfa Gudang Rabat Surakarta. Hasil dari analisis regresi berganda adalah variabel image toko berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Independent sample t-test memberikan hasil bahwa variabel kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas toko. Penelitian ini menemukan fakta bahwa atribut program insentif penjualan mempunyai pengaruh paling dominan terhadap loyalitas toko bukan atribut barang dagangan yang pada penelitian sebelumnya menjadi atribut yang paling dominan dari semua atribut image toko.

This paper planned to examine the positive influence of store image to consumer satisfaction in Alfa Toko Gudang Rabat Surakarta, examine the positive influence of consumer satisfaction to store loyalty in Alfa Toko Gudang Rabat Surakarta, and examine store image attribute which most have influence to store loyalty in Alfa Gudang Rabat Surakarta. The pretest conducted in Alfa Gudang Rabat Surakarta and found two question item there is not valid and delete for next research analysis. The questioner used to collect data with 100 respondent, there is consumer who shopping in Alfa Toko Gudang Rabat Surakarta when the research conducted. The result of regression analysis is store image have positive influence to consumer satisfaction. The independent sample t-test gave result that consumer satisfaction has positive influence to store loyalty. This research also found that incentive sales program is the attribute of store image that has most dominant influence to store loyalty and not merchandise that in last research was the attribute that has most dominant influence to store loyalty.

Kata Kunci : Kepuasan Konsumen,Loyalitas,Image Toko,store image, consumer satisfaction and store loyalty


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.