Laporkan Masalah

Analisis strategi bisnis PT Garam (Persero) dalam persaingan industri Garam di Indonesia

SUTEJA, Diana, Harsono, Dr.,M.Sc

2005 | Tesis | Magister Manajemen

Perubahan pola persaingan dalam dunia bisnis dewasa ini semakin ketat dengan tingkat mobilitas dan kompleksitas yang tinggi. Perubahan tersebut tidak lepas dari perubahan lingkungan makro secara keseluruhan yang meliputi berbagai aspek ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, ilmu pengetahuan yang memberi pengaruh terhadap perubahan pola pikir individu-individu dalam pemenuhan segala kebutuhan hidupnya secara optimum dan memberi pengetahuan kepada individu-individu tersebut untuk semakin selektif dalam memilih alat pemuas kebutuhannya. Berbagai strategi bisnis digunakan dan dikembangkan oleh para pelaku bisnis untuk dapat memenangkan persaingan sesuai dengan tuntutan yang dihadapi. Strategi hampir selalu dimulai dari apa yang dapat terjadi dan bukan dari apa yang terjadi. Kecepatan inovasi pasar yang baru dan perubahan pola konsumen memerlukan kompetensi inti (core competencies). Proses strategi tersebut kemudian digabungkan dengan fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan , implementasi, dan pengawasan yang disebut “Manajemen Strategik”. Mengeksploitasi kompetensi inti (core competencies) memerlukan sejumlah tindakan terintegrasi dan terkoordinasi yang disebut “strategi”. Adakalanya perusahaan tidak selalu berhasil dalam strategi yang digunakannya, proses evaluasi secara berkesinambungan terhadap strategi bisnis yang sedang diterapkan sangat diperlukan untuk selalu dapat memantau perubahan yang terjadi dalam persaingan. Michael Porter mengungkapkan bahwa landasan dasar bagi kinerja di atas rata-rata untuk jangka panjang adalah keunggulan bersaing yang berkelanjutan dengan meletakkan dasar strategi pada dua cara memenangkan persaingan yaitu biaya rendah (low cost) untuk menghasilkan biaya/unit yang efesien dan diferensiasi (differentiation) untuk melakukan pengembangan inovasi produk yang dapat diterima secara luas. Melihat pentingnya peranan strategi bisnis terhadap kelangsungan bisnis suatu perusahaan, maka penulis tertarik untuk melakukan suatu analisis terhadap strategi bisnis dari suatu perusahaan yang bergerak di industri garam yaitu PT Garam dengan produk komoditi garam dan sebagian besar masyarakat hanya mengetahui bahwa produk tersebut sebagai konsumsi rumah tangga saja yaitu “Garam Konsumsi”. Selama ini PT Garam lebih memfokuskan bisnis garam hanya untuk pemenuhan kebutuhan industri dan hanya sebagian kecil produksi untuk memenuhi konsumsi rumah tangga. Dengan melihat berbagai peluang bisnis garam yang ada , pengembangan produk dan inovasi produk garam masih mungkin dilakukan dengan menemuka n berbagai derivate garam (garam turunan) yang memberikan manfaat lebih dari hanya sekedar garam konsumsi rumah tangga saja, inovasi produk dilakukan sebagai respon dari perkembangan yang ada dimasyarakat.

Competition pattern changing in business world today is getting tighter and it is accompanied with high level of mobility and complexity. That changing is caused by macro environment changing which in a whole includes all aspects of economy, politics, social, culture, technology, science that influence the way of thinking of individual in fulfill all their needs optimally and give scientific information to all people to be more selective in choosing media in order to fulfill their needs. All kinds of business strategy can be used and developed by all business agent in order to win the competition that suit with the demand that being faced. The strategy is almost always started with what can be happen and not what happen. The speed of new market innovation and the change of consumer pattern, needs core competencies. That strategy process will be combined with management function that is planning, implementation and supervision that called “Strategic Management”. In exploiting core competencies, there is a need of several moves that already integrated and coordinated, and it is called “strategy”. Sometimes, a company does not success with the strategy that being used, therefore continuous evaluation process toward business strategy that being implemented is very important in order to observe the changing that happen in competition. Michael Porter stated that the base of work that above the average in long term is excellence in continuous competition by putting basic strategy on two way that can be us ed to win the competition, that is low cost to produce cost/unit that efficient and differentiation to develop product innovation that can be well accepted. Seeing the importance of business strategy role for a business of a company to survive, the author is interested to analyze business strategy of a company that is PT Garam which famous with its commodity product and all day long, the society only know that that product is consumed by family that is “Salt”. Actually, business chance of salt industry is very good. In salt sector, effort to fulfill the need of families is never stop, and it is increase along with the increase of population, moreover, in order to fulfill the need of industry such as caustic soda, refinery affairs, textile, leather that always used salt in its production process. For a long time, PT Garam is more focused on salt business to fulfill industrial need and only small part of its product is used to fulfill family’s need. By seeing all kind of business chances, product development and product innovation might be done by inventing all kinds of salt derivative that give more advantages, and not only for family’s consumption, and product innovation is done as the respond to the existence development in society.

Kata Kunci : Strategi Bisnis, Industri Garam, Biaya Rendah, Diferensiasi, Pengembangan Produk, Inovasi produk, Garam Turunan, Business Strategy, Salt Industries, Low cost, Differentiation, Product Development, Product Innovation, Salt Derivative


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.