Laporkan Masalah

Evaluasi efektifitas strategi: Analisis dengan rerangka Balanced Scorecard :: Studi kasus PT CEN Kurir Indonesia

WIHANDA, Dony, Ertambang Nahartyo, Dr.,M.Sc

2005 | Tesis | Magister Manajemen

Tujuan penelitian tesis ini adalah untuk mengetahui efektifitas strategi yang digunakan PT CEN Kurir Indonesia dalam menghadapi persaingan. Persaingan dalam bisnis kurir di Indonesia sangat ketat. Oleh karena itu, perusahaan harus memiliki strategi dan keunggulan kompetitif sebagai nilai lebih dibanding pesaing. PT CEN Kurir Indonesia telah menerapkan konsep balaced scorecard dan mengimplementasikan strategi-strategi penting ke dalam empat perspektif balanced scorecard yaitu finansial perspektif, customer perspektif, proses bisnis internal perspektif, serta pembelajaran dan pertumbuhan perspektif. Adapun faedah dari hasil penelitian ini adalah memberikan landasan bagi perusahaan untuk melakukan evaluasi strateginya dimasa depan dengan menggunakan rerangka balanced scorecard. Untuk menelitinya, penulis terlebih dahulu menganalisis perusahaan dengan menggunakan analisis SWOT, analisis value chain, dan mengidentifikasikan key success factors dalam persaingan bisnis kurir ini. Setelah dianalisis dengan cara tersebut diketahui bahwa kepuasan pelanggan merupakan faktor penting dalam bisnis kurir dan harus didukung oleh kemampuan perusahaan untuk memiliki strategi yang handal serta mampu memberikan pelayanan terbaik. Kemudian, terakhir penulis mengevaluasi strategi dengan menggunakan rerangka balanced scorecard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep balanced scorecard yang telah diterapkan perusahaan telah mencakup strategi-strategi penting yang diperlukan dalam bisnis kurir ini. Strategi-strategi tersebut telah cukup efektif dalam menghadapi persaingan. Penerapan konsep balanced scorecard perusahaan memerlukan perubahan sesuai dengan rerangka kerja balanced scorecard yaitu diturunkan kepada tujuan, ukuran, target dan inisiatif. Masingmasing strategi di dalam empat perspektif balanced scorecard memberikan pemahaman yang mendalam mengenai strategi yang diperlukan dalam bisnis kurir ini.

The purpose of this research is to know the effectiveness of strategy that used by PT CEN Kurir Indonesia to face the competition. The competition in this business is very tight. Thus, the company must develop their own strategy and use competitive advantage as their value added compared to competitor. PT CEN Kurir Indonesia had implemented balanced scorecard concept and important strategies in to four perspectives of balanced scorecard that is, financial perspective, customer perspective, process business internal perspective, learning and growth perspective. The value from this research is to give foundation for the company to evaluate their future strategy by balanced scorecard framework. To make a research on it, the writer analysis the company with SWOT analysis, value chain analysis, and identifying the key success factors in this courier business. The result of this analysis, customer satisfaction was the important factors and must be supported by company ability. Company must have the best strategy and capable to give better service to customer. The last step is to evaluate the strategy with balanced scorecard framework. The evaluation result shown balanced scorecard concept had been implemented by company consist of important strategies needed on courier business. These strategies were effective enough to face the competition. Implementation of balanced scorecard must be change to fit balanced scorecard framework. This framework consists of goal, measurement, target, and initiative. Each strategy in these four perspectives of balanced scorecard gives more understanding about strategy needed on this courier business.

Kata Kunci : Strategi Bisnis, Balnced Scorecard


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.