Analisis industri elektronik televisi di Indonesia
NINGRUM, Indah Kusuma, Ertambang Nahartyo, Dr.,M.Sc
2005 | Tesis | Magister ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi dan menghambat perkembangan industri elektronik televisi di Indonesia, serta untuk mengetahui perubahan dari dinamika yang terjadi pada industri elektronik televisi. Tampak jelas bahwa produsen elektronik sangat berkonsentrasi terhadap pasar televisi. Karena industri ini tergolong salah satu industri yang siklusnya masih di fase growth (tahap pertumbuhan). Studi ini akan disajikan dalam bentuk studi formal (studi deskriptif), yang akan menjawab dan memberikan gambaran secara mendalam mengenai kondisi terkini industri elektronik televisi di Indonesia. Studi ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari artikel, jurnal, internet, perpustakaan, dan juga sumber-sumber informasi yang tertulis lainnya. Metode-metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis karakteristik industri, Five Forces Model, Driving Forces, dan Key Success Factor. Hasil analisis menunjukkan bahwa persaingan yang terjadi pada industri elektronik televisi sangat kuat, dimanan tercatat sekitar lebih dari 18 perusahaan televisi yang terdaftar dengan kapasitas 9.197.000 unit per tahun. Pangsa pasar sebesar 20 persen masih dikuasai oleh Sharp, disusul LG, Samsung, Sony dan Toshiba. Data yang ada menunjukkan bahwa dari 44 juta rumah tangga baru sekitar separuhnya yag memiliki televisi sehingga terdapat pangsa pasar yang terbuka lebar bagi perusahaan televisi untuk merebutnya. Beragam produk berusaha diluncurkan untuk memperoleh market share sehingga terjadi persaingan yang tinggi diantara perusahaan televisi. Dari analisis driving forces pada industri elektronik televisi di Indonesia dapat dilihat bahawa faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain adalah perkembangan teknologi, inovasi produk, dan peraturan pemerintah. Untuk berhasil dan bertahan dalam suatu industri, perusahaan harus memenuhi memperhatikan lebih seksama konsumen dalam industri tersebut, dan memandang mereka bukan sebagai sumber kekuatan penawaran yang mengancam kesanggupan keuntungan perusahaan, melainkan lebih sebagai eksistensi perusahaan dalam industri tersebut sekaligus sebagai sumber keuntungan. Selain itu juga bagi perusahaan harus mempelajari dasar persaingan dalam industri tersebut. Adapun analisis kunci keberhasilan pada industri televisi meliputi: teknologi, manufakturing, sistem distribusi, marketing, dan ketrampilan dari sumber daya manusianya,
This research was to analyze some factors that influenced and restricted the advanced electronic industry of television in Indonesia, and to know change of dinamyc occurred on electronic industry of television. It was clear that electronic producers were greatly concentrated on television market. As this industry was grouped as one of industry that it still has growth phase in cycle. This study will be presented in form of formal study (descriptive analysis), that will answer and gave a deep description about recent condition of electronic industry in Indonesia. This study used secondary data resulted from articles, journal, internet, library, and other written sources of information. Method of analysis used in this research was industrial characteristic analysis, Five Forces Model, Driving Forces, and Key Success Factor. Result of analysis showed that competition occurred in electronic industry of television was so strong, where it was documented approximately more than 18 listed television-producing firms with capacity of 9.197.000 unit a year. Twenty percent market share was held by Sharp, followed by LG, Samsung, Sony and Toshiba. Data indicated that For 44 millions of new households, it was a half of them who had televisions, so that it had wide market share for televisionproducing firms to compete. Varied products tried to be launched to get market share, so it revealed high competition among television-producing firm. From driving forces analysis on electronic industry of television in Indonesia, it could be seen that some factors influenced including the advanced technology, product innovation, and governmental rule. In order to success and survive in an industry, firm should meet to notice their consumer carefully, and watch them not as source of bargaining power who threaten firm’s profit capability, but much more as firm’s existence in this industry, and also as source of profit. In addition, firm should learn fundamental of competition in this industry. Therefore, success key analysis in this television industry are technology, manufacturing, distribution system, marketing, and skill of the human resources.
Kata Kunci : Manajemen Strategi, Industri Elektronik Televisi, Five forces, Driving Factors, and Key Success Factors.