Analisis strategi PT Asuransi Astra Buana dalam bisnis Asuransi Kendaraan Bermotor (GARDA OTO)
GUNAWAN, Ertambang Nahartyo, Dr.,M.Sc
2005 | Tesis | Magister ManajemenDengan adanya perubahan lingkungan dan bisnis yang begitu cepat akhir-akhir ini dengan ditambah semakin ketatnya persaingan bisnis yang ada, maka setiap perusahaan dituntut untuk semakin kuat dalam mempertahankan kelangsungan hidup perusahaannya dengan mengimplementasikan berbagai macam strategi yang diperlukan. PT. Asuransi Astra Buana dengan produk asuransi kendaraan bermotor yang dikenal dengan “Garda Oto†yang merupakan pemimpin pasar dalam beberapa tahun terakhir dengan sendirinya akan mendapat ancaman yang serius dari para pesaing yang ada. Tujuan dari thesis ini adalah untuk menganalisa strategi bisnis PT. Asuransi Astra Buana (Garda Oto) dalam mempertahankan posisi sebagai market leader dan terus meningkatkan pertumbuhan dan tingkat keuntungan dengan mempertimbangkan dinamika pasar yang berubah demikian cepat , peraturan pemerintah, pesaing yang ada, masuknya pesaing baru, perkembangan teknologi dan faktor-faktor lain seperti politik, budaya dan sosial kemasyarakatan.. Dalam thesis ini, analisis dan pembahasan dibuat dengan menggunakan beberapa metode analisis seperti Five Forces Analisis dari Porter dan SWOT analisis untuk mengetahui posisi perusahaan dalam industri asuransi dengan menganalisa dan mempertimbangkan keadaan lingkungan, baik itu lingkungan internal maupun lingkungan eksternal perusahaan. Dari hasil analisis dapat terlihat bahwa dengan menerapkan berbagai macam strategi bisnis yang cukup efektif, posisi Garda Oto sebagai market leader masih akan dapat dipertahankan, beberapa kekuatan Garda Oto seperti market share yang tinggi, brand image yang baik, sumber daya manusia, proses klaim yang cepat dan tidak berbelit-belit akan menjadi faktor yang sangat menentukan dalam menghadapi persaingan bisnis di masa yang akan datang.
Due to Fast change in business and its environment recently with very tight competition, every company is demanded to be more stronger in order to maintain its sustainable business by implementing required strategies. PT. Asuransi Astra Buana (Garda Oto) which is the market leader in motor vehicle insurance industry within last few years is also seriously threatened by its existing competitors. The objective of this thesis is to analyze business strategy of PT. Asuransi Astra Buana (Garda Oto) to keep its position as market leader and continuously improve its growth and profitability by considering market change, government regulation, existing competitors, entrance of new competitors, development of technology, and other factors such as politic, culture and social. The analysis and study of this thesis is made by using several method of analysis such as Five Forces Analysis and SWOT Analysis to see position of the company within insurance industry by analyzing and considering its environment, either internal environment or external environment. The result of analysis shows that by implementing various effective business strategy, the future position of PT. Asuransi Astra Buana (Garda Oto) as market leader still can be maintained. Several strengths of Garda Oto such as high market share, brand image, human resources and fast process of claim are important factors in facing future business competition.
Kata Kunci : Strategi Bisnis, Asuransi Kendaraan Bermotor, Business Strategy, growth and profitability, Five Forces Analysis, SWOT Analysis.