Competitive advantage analysis in small business :: Case study Konveksi Sofia in Beringharjo Market
ARAKHMAH, Aya Sofia, Ertambang Nahartyo, Dr.,M.Sc
2005 | Tesis | Magister ManajemenBisnis pakaian adalah salah satu bisnis yang mempunyai peluang bisnis yang besar dan bagus, karena pakaian adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang ini adalah Konveksi Sofia, yang terletak di pasar Beringharjo, Yogyakarta. Perusahaan ini didirikan oleh Ny. Hartini pada tahun 1982, di Yogyakarta. Pada awalnya, Ny. Hartini mengelola bisnis ini sendirian. Akan tetapi, sekarang perusahaan ini tumbuh dan berkembang dengan pesat, dan telah mempunyai tiga puluh karyawan tetap dan kurang lebih sepuluh karyawan musiman. Bisnis ini sangat menarik, karena dalam menjalankan bisnis ini, pengusaha mempunyai resiko yang kecil, akan tetapi dapat memghasilkan laba yang besar. Hanya dengan menggunakan modal sedikit, baik dalam hal keuangan maupun sumber daya manusia, perusahaan ini mampu bertahan dan menghasilkan laba yang besar. Faktor-faktor lain yang membuat bisnis ini menarik adalah peluang yang besar, apalagi dengan adanya AFTA. Hal ini mengakibatkan persaingan yang cukup ketat diantara pengusaha-pengusaha di pasar Beringharjo, Yogyakarta. Untuk memenangkan persaingan ini, perusahaan harus mempunyai strategi bersaing. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melakukan interview terhadap pemilik dan karyawan. Dengan menggunakan tes dari Collis and Montgomery (1999), yaitu uji inimitability, durability, appropriability, substitutability and competitive superiority, dapat dibuktikan bahwa lokasi, pelayanan, dan garansi merupakan keunggulan bersaing Konveksi Sofia. Harga yang murah menjadi keunggulan tersendiri buat perusahaan ini.
Clothing business is a good business and has big opportunities in the business because clothing is one of our primary needs. One of the companies that move in this business is “Konveksi Sofiaâ€, Beringharjo market, which is located in Yogyakarta. This company was established by Mrs. Hartini in Yogyakarta, in 1982. At first, Mrs. Hartini was running the store by herself. Nowadays the company has grown and has thirty permanent employees and approximately ten seasonal employees. This small business is very attractive, because it has low risk in its capital but get high return. With a little amount of capital requirement, this company can exists, and also get a lot profit. The other factor that makes this business attractive is this business has big opportunities, moreover there will AFTA in Indonesia. This competition creates tight competition among the seller in Beringharjo market. To be able to compete in the business, company must have competitive strategy. The method of the study in obtaining the primary data of the company is through interview with the owner and the employees. Using the five test from Collis and Montgomery (1999) which are inimitability, durability, appropriability, substitutability and competitive superiority, it is revealed that the company’s competitive advantage are the location is in the strategic place of Beringharjo market; after sales service, the company applies warranty for its product, for example if the clothes are torn then the customer can change for new clothes; and low price is become one consideration for buyers.
Kata Kunci : Strategi Bersaing,Bisnis Pakaian,competitive advantage