Laporkan Masalah

Desain pesan iklan testimoni di Stasiun Televisi di Indonesia

FUJIYANTI, B.M. Purwanto, Dr.,MBA

2005 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis desain pesan iklan testimoni di televisi di Indonesia. Penelitian bersifat deskriptif sehingga diperoleh gambaran dan penjelasan terhadap variabel-variabel yang relevan dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Analisis dilakukan melalui pengamatan pada lima stasiun televisi di Indonesia yaitu RCTI, Indosiar, SCTV, Trans TV, dan AN TV. Penelitian yang dilakukan selama periode waktu kurang lebih satu minggu menghasilkan 34 iklan testimoni sebagai unit sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode observasi karena penelitian meliputi segala hal yang menyangkut pengamatan terhadap iklan testimoni. Observasi secara tidak langsung dilakukan dengan menggunakan alat-alat mekanis yaitu video perekam dan video editing digunakan untuk merekam obyek dan memisahkan obyek dari jenis iklan lain. Analisis dilakukan berdasarkan desain pesan iklan yang meliputi message content, message structure, dan message source dan relevansi antar variabel. Hasil analisis menunjukan bahwa iklan testimoni yang berkembang selama ini disebabkan iklan menggunakan daya tarik rasional dan klimaks ditampilkan di urutan akhir. Typical consumer merupakan endorser yang paling banyak digunakan dalam iklan testimoni karena dianggap memiliki kredibilitas paling tinggi. Selain itu, penyampaian iklan melalui pendekatan one sided argument sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan sehingga iklan ini diniliai efektif untuk komunikasi pemasaran.

The objective of this research are identifying and analyzing about message design of testimony advertising on television stations in Indonesia. The type of research is descriptive so description and explanation of relevant variables can be obtained by using analysis qualitative method. Analysis is conducted by observation on 5 of television stations in Indonesia are RCTI, Indosiar, SCTV, Trans TV, and AN TV. The research which conduct as long as one week period was obtain testimony advertising about 34 as sample units. Type of methods on this research is observation method because its conduct of all about observe and record testimony advertising. Indirect observation with mechanical equipment are video recording and video editing used to object recording then separate between object and other types advertising. This analysis based on message design of advertising includes message content, message structure, message source and relevance among variables. The result showed that testimony advertising which developed caused by the advertising use rational appeal and it has climax at the last execution of advertising. Typical consumer is the most endorser in testimony advertising because they have high credibility than others. Besides that, message in advertising execution used one sided argument approach in order that suitable with marketer’s message so the advertising is effective for marketing communication.

Kata Kunci : Manajemen Pemasaran,Disain Pesan Iklan,Sikap Konsumen,Message design, testimony advertising, message content, message structure, message source, television, and descriptive qualitative analyses


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.