Analisis hubungan antara kepuasan komunikasi dengan persepsi terhadap iklim organisasi :: Studi kasus pada PT Bank Mandiri (Persero), Tbk Kantor Pusat dan Cabang Jakarta
BUDIYANTO, Eddy, Djamaludin Ancok, Prof.Dr.,MA
2005 | Tesis | Magister ManajemenIklim organisasi sangat penting dalam mendukung tercapainya tujuan perusahaan. Iklim organisasi yang positif meningkatkan motivasi pegawai dan membuat mereka memberikan yang terbaik untuk pelaksanaan tugas-tugas yang diembannya. Oleh sebab itu, suatu organisasi selalu berupaya menumbuhkan iklim organisasi yang kondusif yang diharapkan dapat mendorong peningkatan kinerja karyawan. Salah satu faktor atau area dalam iklim organisasi adalah komunikasi yang dilakukan di organisasi tersebut. Tujuan utama dari penelitian ini adalah melihat hubungan antara kepuasan komunikasi dan persepsi terhadap iklim organisasi di PT Bank Mandiri (Persero), Tbk. Subyek penelitian adalah pegawai-pegawai yang berlokasi kerja di Kantor Pusat dan cabang di Jakarta. Penelitian ini juga akan melihat perbedaan persepsi responden berdasarkan karakteristik mereka. Dalam penelitian ini, kepuasan komunikasi menjadi variabel bebas sedangkan persepsi terhadap iklim organisasi merupakan variabel terikat. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner Skala Likert. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji regresi dan uji signifikansi, uji korelasi serta uji beda rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif antara kepuasan komunikasi dengan persepsi terhadap iklim organisasi. Karakteristik responden mempengaruhi persepsi mereka terhadap iklim organisasi. Dalam uji ANOVA dan uji signifikansi, dapat diprediksikan bahwa iklim komunikasi, integrasi organisasi, perspektif organisasi, kualitas media, tanggapan karyawan, komunikasi horisontal dan komunikasi vertikal secara bersama-sama berpengaruh signifikan pada persepsi pegawai terhadap iklim organisasi. Di antara variabel-variabel kepuasan komunikasi tersebut, kualitas media dan tanggapan karyawan menunjukkan pengaruh hubungan paling kuat terhadap persepsi iklim organisasi.
Organizational climate is very important in supporting the achievement of organization goal. A positive organizational climate is thought to enhance employee motivation, and increase the likelihood that employees will allocate discretionary effort to their work tasks. For that reason, organization always makes an attempt to increase conducive climate which hopefully encourage better achievement of employees. One of domains in organizational climate is communication in organization. The main purpose of this study was to examine the relationship between communication satisfaction and perception of organizational climate in PT Bank Mandiri (Persero), Tbk. Subjects of this study were employees of PT Bank Mandiri (Persero), Tbk. Head Office and Jakarta’ branches. The study also examined differences in participants' perceptions of organizational climate based on their characteristics. In this study, communication satisfaction was an independent variable and perception of organizational climate was a dependent variable. Data collecting method in this research used questionnaire method. Questionnaires were set by using the Likert Scale Modification. Data analysis methods used validity and reliability test, regression test, significance test, correlation test, and mean comparison test. Results indicated that there was a positive relationship between communication satisfaction and perception of organizational climate. Characteristics of subjects influenced their perception of organizational climate. By ANOVA test or F test, it could be predicted that communication climate, organizational integration, organizational perspective, media quality, personal feedback, horizontal communication and vertical communication all together affect significantly to employees’ perception of organizational climate. Of those communication satisfaction variables, media quality and personal feedback showed the strongest relation to the perception of organizational climate.
Kata Kunci : Manajemen Sumberdaya Manusia,Iklim Organisasi,Kepuasan Komunikasi, organizational climate, communication satisfaction