Reformulasi strategi bisnis PT Anggada Perkasa
SANTOSO, Sang Tjiang, Hani Handoko, Dr.,MBA
2005 | Tesis | Magister ManajemenStudi ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi kondisi internal, eksternal, dan strategi bisnis PT Anggada Perkasa yang sedang dijalankan, dan merekomendasikan strategi bisnis yang sesuai dalam upaya menciptakan posisi keunggulan kompetitif di masa yang akan datang. Pendekatan yang dipergunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan deskriptif yang menganalisis dan mengevaluasi berdasarkan data-data deskriptif yang dikumpulkan melalui daftar pertanyaan, wawancara, ataupun observasi penelitian. Tehnik-tehnik analisis yang dipergunakan adalah tehnik analisis Sumberdaya dan Kapabilitas, dan analisis SWOT untuk analisis internal, kemudian tehnik analisis PEST, dan analisis Porter’s five forces model untuk analisis eksternal. Dari analisis internal diperoleh keunggulan kompetitif: pemimpin pasar, berpengalaman dalam bidang angkutan semen, reputasi yang baik, jaringan yang luas, dan pelayanan yang baik. Dan, analisis ekternal diperoleh faktor sukses kunci: reputasi, jaringan, dan pelayanan. Kemudian, strategi yang direkomendasikan adalah strategi bisnis fokus diferensiasi, dengan mengembangkan keunggulan kompetitif yang dimiliki.
This paper planned to analyze and evaluate the existing business strategy of PT Anggada Perkasa, with internal and external conditions, and to recommend the business strategy properly to create competitive advantage for the future. Descriptive approach is using in this paper to analyze and evaluate according to descriptive data with collect by questionnaire, interview, or observation. Internal analysis using resources and capabilities approach and SWOT analysis, then, external analysis using Porter’s five forces model and PEST analysis. From internal analysis conclude the competitive advantage of PT Anggada Perkasa are market leader, experience in cement transportation, good reputation, wide networking, and good services. And, external analysis conclude key success factor of PT Anggada Perkasa are reputation, networking, and services. Then, the recommended strategy is focus differentiation strategy with improve the competitive advantage.
Kata Kunci : Strategi Bisnis,Manajemen Strategik, Generic Strategy, reformulation strategy, focus differentiation strategy