Prospek ekspor kakao Indonesia ke Malaysia
HERJUNO, Erry, Hargo Utomo, Dr.,MBA.,M.Com
2005 | Tesis | Magister ManajemenMalaysia is a potential target market for Indonesian cocoa product. This neighboring country has huge trade value with Indonesia and very promising as stated in bilateral trade data and also Malaysia has growing chocolate industry. Bilateral trade between Indonesia and Malaysia is very intense because the two countries are very close geographically and have borders accros the land and also have similar Malayan culture. According to the information from the Indonesian Embassy in Kuala Lumpur, in the year of 2003 the trade value between the two countries has reached USD 5.08 billion compared to the previous year of 1999 valued at USD 2.99 billion. This research tries to draw picture of Indonesian cocoa export opportunities in the Malaysian cocoa market by giving out various informations about the cocoa product that can be used as inputs to enrich or enhance the knowledge especially in the export sector. This research also tries to identify the opportunity and the obstacle attached to Indonesian cocoa product in Malaysian market by analyzing the available datas. This research tries to describe the potential segment for the Indonesian cocoa product in order to boost export to Malaysia. Time series method is used to project the development of export of Indonesian cocoa product to Malaysia and also to forecast the increased value of export of cocoa product to Malaysia. The result can be used as inputs for the producer of cocoa product in Indonesia in order to boost the export to Malaysia. The forecast result of the 3 months moving average method shows a trend to increase within 32 months with monthly sales increase at USD 357,590. Within the next 32 months, the forecasted export value will reach USD 26,679,249 at the 66th month. It indicates the development of Indonesian cocoa product export to Malaysia is very encouraging and promising.
Malaysia merupakan salah satu negara potensial sebagai pasar tujuan kakao Indonesia. Negeri jiran tersebut memiliki nilai perdagangan yang cukup besar dengan Indonesia dan sangat menjanjikan terlihat dari data perdagangan bilateral, selain itu Malaysia juga memiliki industri cokelat yang terus berkembang. Perdagangan bilateral antara Indonesia dan Malaysia terjadi sangat intens mengingat keadaan geografis kedua negara yang berbatasan langsung dan kebudayaan yang serumpun. Menurut data dari KBRI Kuala Lumpur pada tahun 2003 sendiri neraca perdagangan kedua negara mencapai USD 5.08 milyar berbanding dengan tahun 1999 yang berjumlah USD 2.99 milyar. Penelitian ini berusaha memberikan gambaran tentang peluang ekspor kakao Indonesia di pasar kakao Malaysia dengan memberikan berbagai macam data tentang kakao yang sudah diolah oleh penulis agar dapat digunakan sebagai bahan masukan yang dapat memperkaya atau memperluas wawasan di bidang ilmu pengetahuan khususnya pada bidang ekspor kakao. Penelitian ini juga berusaha memberikan gambaran tentang peluang beserta hambatannya yang dimiliki oleh produk kakao Indonesia untuk di ekspor ke Malaysia dengan menganalisis data-data yang telah dikumpulkan dan terkait dengan produk kakao Indonesia. Penelitian ini juga berusaha memberikan gambaran tentang segmen pasar kakao Malaysia yang berpotensi menyerap produk Indonesia. Metode time-series digunakan untuk memproyeksikan perkembangan ekspor kakao ke pasar Malaysia dan juga untuk memperkirakan jumlah peningkatan ekspor kakao agar bisa digunakan sebagai pertimbangan bagi para produsen kakao Indonesia untuk meningkatkan ekspor ke Malaysia. Hasil peramalan dengan metode moving average 3 bulanan menunjukkan bahwa nilai ekspor kakao Indonesia ke Malaysia memiliki kecenderungan yang meningkat untuk 32 bulan ke depan dengan peningkatan per bulan diperkirakan mencapai nilai USD 357,590. Sedangkan dalam waktu 32 bulan kedepan nilai ekspor kakao Indonesia ke Malaysia diperkirakan akan mencapai nilai USD 26,679,249 pada bulan ke 66. Hal ini menunjukkan pula bahwa pengembangan ekspor kakao ke Malaysia masih berpeluang untuk ditingkatkan.
Kata Kunci : Manajemen Pemasaran,Ekspor,Segmentasi Pasar, Kakao Indonesia, Proyeksi Ekspor, Pasar Malaysia