Perbandingan Supply Chain Satisfaction apoteker Kimia Farma dan apoteker Non Kimia Farma di Jakarta
PRANAWIJAYA, Andika Wisnu, Didi Achjari, Dr.,M.Com
2006 | Tesis | Magister ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk mempelajari perbandingan persepsi kepuasan apoteker atas pelayanan distribusi obat dari sebuah Pedagang Besar Farmasi dalam proses pelaksanaan Supply Chain Management sebagai salah satu aplikasi dalam e-Business. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dengan 53 responden apoteker Kimia Farma dan apoteker non Kimia Farma di Jakarta. Purposive sampling dengan kriteria judgement sampling digunakan pada apoteker non Kimia Farma dan convenience sampling digunakan pada apoteker Kimia Farma. Pendekatan yang digunakan untuk melihat kepuasan apoteker atas pelayanan distribusi barang farmasi dari Pedagang Besar Farmasi yaitu dengan critical elements relationship yang meliputi variabel kerjasama, komitmen, keyakinan, konflik, resolusi konflik, dan pemenuhan. Selanjutnya dengan menggunakan skala Likert dan t-test diperoleh adanya perbandingan dalam perbedaan persepsi tingkat kepuasan apotek atas pelayanan distribusi barang farmasi dari Pedagang Besar Farmasi. Dan untuk melihat seberapa besar perbedaan itu maka digunakan analisis mean different. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara apotek Kimia Farma dengan apotek non Kimia Farma dalam menilai kepuasan atas aspek supply chain yang dilakukan PBF Kimia Farma. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan pihak manajemen perusahaan dalam mengembangkan sistem aplikasi Supply Chain Management di masa mendatang serta pengembangan aplikasi e-Business yang lain.
This research planned to examine comparison of pharmacist satisfaction’s perception over the medicine distribution services from a Trading and Distribution company in the supply chain management process as a tool in e-Business. This research is using questionnaire to collect data to 53 respondents of Kimia Farma and non Kimia Farma’s pharmacist in Jakarta. Purposive sampling with judgement sampling criterion was used to non Kimia Farma’s pharmacist and convenience sampling was used to Kimia Farma’s pharmacist. The approachment which used to look at pharmacist’s satisfaction over medicine distribution services from Trading and Distribution company is by critical relationship elements which consists of cooperation, commitment, trust, conflict, conflict resolution, and compliance. Furthermore by using Likert scale and t-test resulted comparison in perception’s difference of pharmacist satisfaction over medicine distribution services from Trading and Distribution company. After that in order to look at the range of difference then we used mean different analysis. The conclusion of this research is that no significantly different between Kimia Farma’s pharmacist and non Kimia Farma’s pharmacist in appreciate satisfaction over supply chain which conducted by Kimia Farma Trading and Distribution. The result of this research is expected to be a consideration for management in the system utilization, system development, and other e-Business applications system development.
Kata Kunci : Supply Chain SatisfactionSupply Chain Management,Critical Elements Relationship,e,Business,Supply Chain Management, critical elements relationship, supply chain satisfaction, e-Business