Laporkan Masalah

Strategi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dalam pengembangan kredit mikro di BRI unit

BUDIMAN, Jauhar, Harsono, Dr.,M.Sc

2005 | Tesis | Magister Manajemen

Barangkali tidak ada yang menduga sebelumnya bahwa bisnis kredit mikro akan menjadi perhatian dan diminati perbankan. Usaha mikro yang menjadi sasaran utama penyaluran kredit mikro dianggap tidak mampu memenuhi persyaratan perbankan, sehingga memberikan kredit kepada skala usaha tersebut sangat berisiko. Oleh karena itu, Bank BRI yang atas kehendak sejarah, memiliki ribuan unit kerja di berbagai pelosok dan sejak lama telah memberikan kredit kepada masyarakat pedesaan dibiarkan menguasai pangsa pasar kredit mikro. Namun setelah melihat keberhasilan Bank BRI memberikan kredit komersial kepada pengusaha mikro, serta pengalaman krisis ekonomi yang menunjukkan keunggulan usaha mikro, perbankan mulai tertarik menyebarkan portofolio kreditnya pada kredit mikro. Saat ini, persaingan pada kredit mikro mulai terasa dan diperkirakan akan semakin ketat pada masa mendatang, yang akan mengancam posisi Bank BRI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan eksternal dan internal, mengevaluasi strategi bisnis yang telah diterapkan, dan merumuskan strategi alternatif yang dapat digunakan Bank BRI dalam menghadapi persaingan bisnis kredit mikro di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dan deskriptif, sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Objek penelitian adalah kantor pusat Bank BRI Jakarta. Lingkungan eksternal dianalisis melalui analisis lingkungan bisnis umum, analisis five competitive forces, analisis driving forces, analisis strategic group mapping, analisis substitusi, analisis pelanggan, analisis pesaing dan analisis key success factors. Sedangkan analisis internal dianalisis melalui analisis rantai nilai dan analisis sumber daya. Hasil analisis lingkungan eksternal dan internal tersebut dilanjutkan dengan analisis SWOT sebagai dasar dalam menetapkan strategi alternatif perusahaan. Penelitian menunjukkan bahwa untuk menghadapi dan memenangkan persaingan, Bank BRI dapat menerapkan strategi diferensiasi dengan cara 1) memfungsikan jaringan secara maksimal, 2) melakukan penetrasi pasar dengan meningkatkan kapabilitas sumber daya, 3) berkonsentrasi penuh pada sektor UMKM, 4) melakukan penetrasi pasar melalui promosi yang intensif, 5) memperluas pasar dengan memperbaiki produk, 6) melakukan penetrasi pasar dengan memperbaiki sistem dan standar keorganisasian, dan 7) memperbaiki kualitas sarana fisik dan teknologi. Strategi ini dilakukan untuk memberikan nilai yang lebih unggul dibandingkan pesaing. Nilai-nilai unik yang akan diperoleh Bank BRI adalah 1) mampu menyalurkan kredit mikro tanpa hambatan pendanaan dan permodalan, 2) mampu menetapkan tarif bunga kredit yang bersaing bahkan lebih rendah dari pesaing, 3) mampu mendistribusikan produknya lebih dekat kepada semua pengusaha mikro di seluruh pelosok Indonesia, 4) mempunyai dan mampu meningkatkan SDM yang profesional yaitu andal, berdedikasi dan loyal, 5) mampu memberi respon yang lebih baik karena semua sumber daya lebih fokus pada usaha mikro, 6) mempunyai dan mampu menjaga kesetiaan nasabah, 7) mempunyai produk yang lebih baik, yang sesuai dengan kondisi dan harapan pengusaha mikro, 8) mempunyai sistem keorganisasian yang lebih ekspansif dan efisien, 9) mempunyai sarana fisik dan teknologi sesuai dengan lingkungan persaingan setempat.

Perhaps nobody anticipate before that micro credit business will become attention and enthused by banking industry. Micro enterprises which become main target for micro credit are assumed unable to fulfill term of banking, so that giving credit to micro enterprise is highly risk. Therefore, Bank BRI which firstly ordered by Indonesian government to give credit to rural society let to dominate the micro credit market. But after noticing successfulness of Bank BRI give commercial credit to micro entrepreneur, and also experience of economic crisis which show excellence of micro enterprises, banking managers start to interest to propagate the credit portfolio to micro credit. Nowadays, competition at micro credit market become more tighten that to threat Bank BRI position in the market. This research aim to analyze external and internal environment, evaluating business strategy which have been applied, and formulate alternative strategy can be used by Bank BRI to face competition of micro credit business in Indonesia. This research use qualitative and descriptive analysis method, while data collecting through observation, interview and literature review. Research object is head office of Bank BRI in Jakarta. External environment analyzed through common business environmental analysis, five competitive forces analysis, driving forces analysis, strategic group mapping analysis, substitution analysis, customer analysis, competitor analysis and key success factors analysis. While internal environment analyzed through value chain analysis and resource analysis. The Result will be continued with SWOT analysis as base for formulating alternative strategy. Research indicate that to face and win competition, Bank BRI can apply differentiation strategy through 1) maximize network function 2) conducting market penetration by improving resource capabilities 3) fully concentrate in micro small and medium enterprise sector 4) conducting market penetration by promotion intensively 5) extending market through product improving 6) conducting market penetration by improving of standard and system organization, and 7) improving the quality of physical and technological facility. This strategy will give competitive advantages. Unique values to be obtained Bank BRI are 1) can channel micro credit without financing and capital resistance 2) can give competitive interest rate 3) can distribute the product to all micro entrepreneurs throughout Indonesia 4) having and can improve professional, dedicated and loyal human resource,5) can give better response, 6) having and can take care client trust 7) having better product, fit to micro entrepreneur expectation and condition 8) having organizational system which more expansive and efficient 9) having physical and technological facilities fit to competition environment.

Kata Kunci : Strategi Bersaing,BRI,Kredit Mikro,BRI,micro credit, competitive strategy, BRI


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.