Laporkan Masalah

Analisis strategi perusahaan daerah Hotel Swarna Dwipa Palembang

FACHRURREZA, M, Bambang Riyanto LS., Dr.,MBA

2006 | Tesis | Magister Manajemen

Sektor Industri perdagangan yang termasuk didalamnya hotel dan restorant, merupakan salah satu sektor andalan di Provinsi Sum-Sel. Pada saat terjadi krisis moneter 1998 dimana industri perhotelan tetap bertahan dan berkembang secara beratahap, hal dimungkinkan kerana banyaknya orang yang menderita stress akibat dari kesibukan yang cukup padat sehingga membutuhkan suatu wisata ke dalam negeri maupun keluar negeri. Semakin banyaknya orang yang bepergian maupun berwisata akan membutuhkan suatu tempat penginapan atau hotel. Hotel Swarna Dwipa adalah salah satu perusahaan daerah bergerak di bidang jasa penginapan yang beroperasi di Kota Palembang. Untuk menghadapi persaingan dalam industri perhotelan, perusahaan hendaknya memiliki suatu strategi yang maksimal dan memadai. Strategi bersaing ini dapat dimulai dari pengelolaan aktivitasaktivitas yang ada di perusahaan tersebut dengan baik, sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan oleh perusahaan, dalam usaha mencapai visi dan misi serta tujuan perusahaan. Penguraian ini bertujuan menguraikan tentang keunggulan dan kelemahan dari strategi yang telah dijalankan oleh Hotel Swarna Dwipa. Selain itu juga penelitian ini juga untuk mengkaji lebih jauh mengenai bagaimana Hotel Swarna Dwipa mengelola aktivitas-aktivitas yang ada pada perusahaan tersebut apakah sudah berjalan dengan baik. Hal ini menjadi penting, karena melalui analisis ini pula akan dapat terlihat bagaimana sumberdaya-sumberdaya yang ada dalam perusahaan terintegrasi sehingga menjadi keunggulan bersaing yang baik bagi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hotel Swarna Dwipa memiliki beberapa kekuatan dan kelemahan yang menjadi sumber keunggulan ataupun ketidakunggulan bersaing yang terdapat pada aktivitas-aktivitas perusahaan, tetapi hanya tiga keunggulkan bersaing, yaitu kemampuan dalam pemasaran, teknologi dan infrastrutur yang cukup lengkap. Sedangkan yang menjadi ketidakunggulan bersaing terletak pada pengelolaan SDM.

Trade industry sector which inside component is hotel and restaorant, one of main sector provinsi Sumatera selatan. At the moment moneter crisis 1998 where hotel industry can defend and expand, because people feeling of stressed and people needed a tour and recreation to in or out countries. More many people which to traveling will need something staying palce or Hotel. Hotel Swarna Dwipa is one of local government companies which is operating at Palembang. To Face competition in hotel industry, a company should have maximal and adequate competitive strategis. Competitive strategis can be achiave bay managing te activities inside the company according to the company’s adjective that has been set in order to its achiave vision and mission. This Research is to identify the competitive anvantage or non competitive advantage from strategy have been operating bay Swarna Dwipa Hotel and also this research for evaluation about HOW to manage activities in Hotel Swarna Dwipa already good operation. Thess issue become important, because thourg competitive strategy analyis we can identify which activities that can increase the value of the company’s competitive stategy. Thurough this analysis we can see how the resources inside the campany integarate to form o good company strategy. The result of this research show Swarna Dwipa Hotel has Several strength that become the source of the company’s competitive advantage in each activity, but there are only three (3) main competitive, strategies, they are ability in marketing, technology, and good infrastructure and also become non competitive advantage in the resources quality.

Kata Kunci : Strategi Perusahaan,Hotel Swarna Dwipa,Industri Perhotelan, Strategy, hotel Industry, Swarna Dwipa


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.