Laporkan Masalah

Analisis strategi PT Lion Mentari Airlines

WASKITANANDA, I Gusti Ngurah, Gudono, Dr.,MBA

2006 | Tesis | Magister Manajemen

Tujuan Penelitian untuk mengidentifikasi dan menganalisa lingkungan eksternal dan internal PT Lion Mentari Airlines, sehingga dapat memberikan saran bagi perusahaan untuk menghadapi persaingan dalam industri penerbangan. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan diskriptif dan analitis untuk menjelaskan dan menganalisis strategi dari PT Lion Mentari Airlines. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data dari web site perusahaan, interview, observasi langsung, kuisioner, surat kabar, acara “Love is in the Air, terbang dengan Lion Air dan Wings Air”, berita dari internet, dan jurnal pendukung. Data yang digunakan untuk menganalisa dibatasi dari tahun 1999 hingga tahun 2005. Dari hasil tahap pra mencocokan dengan menggunakan matrik EFE dapat disimpulkan bahwa perusahaan sudah dapat memanfaatkan peluang yang ada untuk mengurangi ancaman yang muncul. Sedangkan dengan matrik IFE diperoleh kesimpulan bahwa perusahaan memiliki kekuatan internal yang sama dengan para pesaingnya untuk dapat menghadapi kompetisi di industri penerbangan. Pada tahap mencocokan dengan matrik TWOS, perusahaan dapat melakukan 4 buah strategi, yaitu: dengan menambah rute dan frekwensi baru yang potensial; membuat produk jasa/layanan yang punya value added; meningkatkan kualitas jasa/pelayanan dari pre flight hingga post flight; dan menekan biaya operasional. Hasil analisa dengan SPACE matrix, perusahaan dapat menjalankan strategi bersaing, yaitu dengan melakukan penetrasi pasar; pengembangan pasar; pengembangan produk; kerjasama dengan maskapai lain (code sharing); backward integration, dan forward integration. Pada hasil analisa IE matrix, perusahaan dapat menjalankan strategi hold and maintain yaitu dengan melakukan penetrasi pasar, dan pengembangan produk. Sedangkan dari berbagai strategi dan produk jasa/layanan yang telah dijalankan harus dilakukan perubahan sesuai dengan strategi pokok dan perubahan lingkungan yang terjadi.

The research objectives are to identify and analyze the external and internal environment of PT Lion Mentari Airlines, thus it will provide suggestion for the company to win the competition in air transport industry. In this research, the researcher used the descriptive and analytical approach to explain and analyze the strategy of PT Lion Mentari Airlines. Data are derived from company web site, interview, direct observation, questionnaires, newspaper, "Love Is in the Air, fly With Lion Air and Wings Air" television show, news from internet, and supported journal. The data were from the year 1999 to 2005. The results of pre evaluating phase using the EFE matrix obtained conclusion that the company has been able to utilize the existing opportunities to minimize the threats. And from IFE matrix, the researcher concluded that the company possessed the equal internal strengths as the competitor in air transport industry. At evaluating phase using the TWOS matrix, the company can do various strategies by adding potential new frequency and routes; making product/service that have value added; improving service quality/servicing from pre flight until post flight; and minimize the operating expenses. From the SPACE matrix, the researcher concluded that the company can run the competition strategy with market penetration; market development; product development; cooperation with the other company (code sharing); backward integration, and forward integration. And with the last analysis using the IE matrix, the company can run hold and maintain strategy with market penetration, and product development. The current implemented strategy and service products should be adjusted to its core strategy as low cost carrier and the environment condition which had and would continuously change.

Kata Kunci : Industri Penerbangan,Persaingan Bisnis,Low Cost Strategy, Low cost strategy, Porter five forces, scanning environmental, EFE matrix, IFE matrix, TWOS matrix, SPACE matrix, and IE matrix


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.