Analisis rencana strategik (Renstra) Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Grogol Petamburan
MUJAHID P., Andi, Gudono, Dr.,MBA
2005 | Tesis | Magister ManajemenPenelitian ini bertujuan memahami dan mengevaluasi proses perencanaan strategik (Renstra) di lingkungan organisasi sektor publik, yaitu KPP Jakarta Grogol Petamburan serta melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi pada proses perumusan Renstra serta melakukan formulasi strateginya Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui literatur, observasi, wawancara baik secara mendalam (in-depth interview) dan melalui pertanyaan terbuka (open question). Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan SWOT dengan mengidentifikas keempat faktor tersebut. Atas hasil identifikasi dilakukan pembobotan sehingga akan didapatkan nilai tertimbang yang akan menunjukkan posisi organisasi pada suatu kuadran dan diketahui strategi tertentu yang harus dilakukan. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan, KPP Jakarta Grogol Petamburan berada pada kuadran I atau dalam posisi Aggresive, posisi ini menunjukkan organisasi memiliki kekuatan internal yang cukup baik dengan kondisi lingkungan eksternal yang tetap berpeluang. Beberapa alternatif strategi yang dapat dilakukan pada kuadran ini yaitu penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk
This study planned to evaluated the process of making strategic planning in public sector organization especially in Jakarta Grogol Petamburan Tax Office, also to analyze internal and external changing that influenced strategic planning process and strategic formulation. This study used qualitative method. Data collected from literature, observation, in-depth interview and using open question. Data analyzed with SWOT by identify and weighted all identified factors to get the weighted value that pointed organization position in quadrant of SWOT diagram. The research found that Jakarta Grogol Petamburan Tax Office in quadrant I or in aggressive position. This meant that organization had a good internal strengths and lucrative external environment. Alternatives strategy that can be generated on this quadrant are market penetration, product and market development.
Kata Kunci : Rencana Strategik,Kantor Pelayanan Pajak Jakarta, Jakarta Grogol Petamburan Tax Office, strategic planning, internal, external, tax, strategy