Laporkan Masalah

Analisis strategi bisnis produk komersial di Divisi mesin industri dan jasa PT Pindad (Persero)

HABONARAN, Sutan, Gudono, Dr.,MBA

2005 | Tesis | Magister Manajemen

PT Pindad (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memproduksi alat-alat persenjataan, munisi serta manufaktur alat industri. Perjalanan panjang dalam industri presisi, menjadi bekal utama PT Pindad ketika memutuskan terjun ke dalam bisnis produk komersial/non-militer. Dibandingkan dengan usaha militer dan komersial; yang antara lain terbagi dalam; Divisi Mesin Industri dan Jasa, Divisi Tempa dan Cor, dan Divisi Rekayasa Industri masih sangat kecil. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui peluang dan ancaman yang dihadapi oleh PT Pindad (Persero) dalam melakukan strategi bisnis usaha komersial/ non-militer, sekaligus mencari tahu kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan ini. Dari penelitian ini dapat ditemukan rumusan tentang upaya dan strategi yang harus dilakukan PT Pindad untuk mengoptimalkan pendapatan dari usaha komersial/nonmiliter tersebut. Analisis yang digunakan meliputi analisis lingkungan eksternal, analisis daya tarik industri dan analisis SWOT. Sementara kekuatan dan kelemahan internal yang dihubungkan dengan peluang dan ancaman eksternal yang menghasilkan suatu matriks SWOT. Rekomendasi yang disarankan adalah mengubah paradigma, memperbaharui strategi pemasaran, evaluasi biaya dan meningkatkan kompetensi serta profesionalisme Sumber Daya Manusia.

PT Pindad (Persero) is a state company (BUMN) whose business core is the miltary weaponry, amunition and industrial engineering. One of efforts was to launch the commercial engineering / non military division, given a long experience in the precision industry. Compare to military product and commercial product, contribution of commercial product in PT Pindad (Persero) among other things, industrial machinery and services division, forging and casting division, engineering division, are very small. This research is aimed at knowing the opportunities and threats faced by PT Pindad (Persero) in implementing business strategy to commercial / non-military product in Industrial Machinery and Services Division. from this research, it can be found formulation on effort and strategies to be implemented by PT Pindad (Persero) to optimize revenues from commercial / non-military product. The analyses uses include the analysis of external environment and industrial environment and SWOT analysis. Where as strength and weaknesses which are related to external opportunities and threats product a matrix of SWOT. The reccomendations suggested are changing paradigm, renovating marketing strategy, evaluation of cost and increasing competensi and profesionalism of Human Resourses

Kata Kunci : Strategi Bisnis,PT Pindad,Profesionalisme Sumberdaya Manusia,Strategi Bisnis Usaha Komersial,PT Pindad,Commercial / non militer product, SWOT analysis, changing paradigm, profesionalism of Human Resources


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.