Laporkan Masalah

Analisis pengaruh kelompok referensi dan keluarga pada keputusan pembelian produk kosmetik pemutih wajah

WAHYUNINGSIH, Endang Tri, Basu Swastha Dharmmesta, Prof.Dr.,MBA

2006 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini merupakan modifikasi dari penelitian yang dilakukan oleh Childers dan Rao (1992). Studi ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel bebas, yaitu keluarga dan kelompok referensi terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian pada kosmetik pemutih wajah. Responden penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probabilistic sampling, dan tehnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Kuesioner yang didistribusikan yaitu sejumlah 150 kuesioner dan kemudian dianalisis. Pengujian model menggunakan metode regresi linier berganda, dengan menggunakan bantuan Software SPSS Release 13. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel keluarga dan kelompok referensi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik pemutih wajah. Besar pengaruh faktor keluarga dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian kosmetik pemutih wajah adalah sebesar 51,8%. Dari hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa faktor keluarga merupakan variabel yang paling dominan pengaruhnya dibandingkan dengan faktor kelompok referensi.

Recent research is a modification of Childers and Rao’s work (1992). The objective is to examine the independent variables, which are family and reference group upon the dependent variable, which is buying decision on face-whitening cosmetics. Respondents of this research are students of Economy Faculty of Gadjah Mada University in Yogyakarta. Sampling method applied is non probabilistic sampling. A hundred and fifty questionnaires was distributed and then analyzed. The model testing used is double linier regression, supported by software of SPSS release 13. The data analysis shows that variables of family and reference group have significantly influence the buying decision on face-whitening cosmetics. The distant of familial and reference group’s influences upon buying decision on facewhitening cosmetics is 51,8%. The results of regression analysis had found that familial factor is the most dominance variable of influence compared with reference group factor.

Kata Kunci : keluarga, kelompok referensi, keputusan pembelian, family, reference-group, buying decision


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.