Laporkan Masalah

Analisis strategi pemasaran pada unit bisnis PT Astra Internasional Tbk Honda Sales Operation-cabang Yogyakarta

HANDOKO, Doni Dwi Yoga, Basu Swastha Dharmmesta, Prof.Dr.,MBA

2005 | Tesis | Magister Manajemen

Studi ini bertujuan untuk menyelidiki strategi pemasaran sesuai tingkatan organisasi perusahaan yaitu pada tingkatan strategi fungsional, yang secara teori bahwa perumusan , penerapan dan evaluasi terhadap strategi dapat terjadi pada tingkatan hirarki: korporat, strategi bisnis unit dan fungsional. Pada tahap awal dilakukan ditemukan kondisi di PT. Astar International Tbk HSO Cabang Yogyakarta menerapkan 4 strategi pemasaran yang diterapkan di tingkatan fungsional yaitu: strategi penetrasi pasar, pengembangan produk, integrasi kedepan dan strategi kerjasama. Hasil Kuesionare membuktikan yang diperkuat dengan tannya jawab kepada pihak manajemen perusahaan. Hasil Analisis kecocokan terhadap pilihan startegi melalui eskternal dan internal bahwa sesuai kekuatan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh perusahaan ternyata strategi pemasaran yang diterapkan dapat diterima oleh para pelaku perusahaan. Penelitian ini menemukan fakta baru analisis GE Matrik menunjukkan posisi perusahaan mempertahankan kekuatan yang ada sehingga pemenuhan produk kendaraan roda dua yang ada di masing-masing segmen pasar disesuaikan lini produk yang disediakan oleh perusahaan. Penetapan harga dilakukan untuk menghindarkan perbedaan yang menyolok antara dealer-dealer, pola kerjasama untuk memperpanjang distribusi dengan mendekatkan kepada konsumen adalah efisiensi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan, serta penyeragaman shomroom memudahkan konsumen mengingat jenis produk kendaraan roda dua merek Honda. Analisis Kemungkinan yang dapat terjadi pesaing utama (Suzuki dan Yamaha) akan mempengaruhi volume penjualan Honda bila dilihat kinerja pemasaran dengan kenaikan pesaing utama pertahun lebih tinggi dari pada Honda.

The purpose of his study is to search marketing strategy according to level of organization that is on level of functional strategy, which formulating, implementation and evaluation of strategy may be undertaken on level of corporation hierarchy: corporation, business strategy and functional strategy. At first stage of the study of study, it found that PT. Astra International Tbk Inc HSO Branch of Yogyakarta, implementation four marketing strategies established on functional level: ie, market penetration strategy, product development, future oriented integration, and joint strategy. The result of questionnaire has proved with by interviewing with corporation management. Result of analysis, suitability of option, strategy through eksternal and internal factors. That following with strength, opportunity dan threat of organization, marketing strategy can implementation of be accepted by member of the organization internally. This research have found a new fact that GE Matrix analysis indicates that firm position have maintenance existing strength product fulfillment of motorcycle in each market segment is fitted with product line provided by the firm, fixed price established to avoid differential amongs dealers, joint manner for extending distribution by approach to customers is marketing efficiency implemented by organization and showroom unification that help the customer to tend for Honda’s product. Probability Analysis indicates that marketing performance of main competitors (Suzuki and Yamaha) would affect sales volume of Honda from level of sales.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran,PT Astra Internasional Tbk, The capability in choising and establishing for marketing strategy of Astra International Tbk HSO branch of Yogyakarta would lead it to be leader of market on moor cycle product


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.