Laporkan Masalah

Analisis industri dan persaingan perbankan di Indonesia

TANUWIDJAYA, Titin Tjintawati, Hani Handoko, Dr.,MBA

2005 | Tesis | Magister Manajemen

Kondisi lingkungan bisnis yang dihadapi oleh sektor perbankan di Indonesia saat ini terus mengalami perubahan yang relatif cepat. Berbagai perubahan yang dihadapi diantaranya adalah adanya kebijakan pemerintah yang terus berubah dan meningkatnya kondisi persaingan sebagai akibat diberlakukannya AFTA 2003. Kondisi tersebut telah menyebabkan persaingan menjadi semakin tajam. Untuk itu, bank-bank perlu untuk memahami posisinya masing-masing di dalam persaingan sehingga mereka dapat merumuskan strateginya secara tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi lingkungan makro dan lingkungan persaingan yang terjadi serta mengidentifikasi strategic group yang terbentuk dalam industri perbankan. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi posisi persaingan dari masing-masing bank tersebut. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kondisi makro ekonomi dan moneter relatif membaik. Hasil analisis terhadap lingkungan persaingan menunjukkan masih terbukanya peluang bank untuk mengembangkan usahanya di masa datang. Selain itu hasil penelitian ini juga menjelaskan adanya tujuh kunci sukses yang perlu diperhatikan oleh sebuah bank agar tetap mampu bertahan di tengah persaingan. Sedangkan hasil analisis strategic group menyimpulkan bahwa bank-bank pemerintah seperti Bank Mandiri, BRI, dan BNI memiliki peluang besar untuk mampu memenangkan persaingan ke depan. Satu-satunya pesaing kuat bank-bank pemerintah adalah BCA.

Indonesian banking industry are currently facing greater business environmental changes. Some changes that could be named are rapid evolution of government regulation and escalating competition as the result of AFTA 2003. Those conditions bring more intense competition within the industry. For banks to create their winning strategy, it is necessary for them to figure out its position in this competitive environment. The purpose ot this research are to analyze macro and competitive environment, and to analyze its strategic group to know the positions of each bank. The results of this research concluded that macro economic and monetary conditions is relatively improved. The analysis result of competitive environment indicates that there are still some opportunity for banking industry to expand their business in the future. Moreover, the result of this research also discover seven keys of success needed to survive in banking industry competition. The result of strategic group analysis concludes that in the future government banks i.e.: Bank Mandiri, BRI, and BNI have big opportunity to win future competition. The only strong competitor to government banks is BCA.

Kata Kunci : Industri perbankan, persaingan, kunci sukses, analisa kelompok strategik, banking industry, competition, keys success, strategic group analysis


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.