Evaluasi kinerja cabang pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
WIBOWO, Fadjar Wisnu, Indra Wijaya Kusuma, Dr.,MBA
2006 | Tesis | Magister ManajemenJudul penelitian ini adalah “Evaluasi Kinerja Cabang pada Bank Mandiri (Persero) Tbk.â€. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran dan pengertian mengenai pelaksanaan sistem penilaian yang dilakukan Marketing Research Indonesia (MRI) dan juga mengevaluasi pelaksanaan sistem penilaian kinerja pada Bank Mandiri dibandingkan dengan teori – teori yang terkait. Peneletian ini adalah descrictive study, dimana akan mendeskripsikan dengan jelas pelaksanaan sistem penilaian yang dilakukan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) dan sistem penilaian yang di terapkan di Bank Mandiri khususnya di Hub Falatehan .Kemudian akan dievaluasi apakah sistem penilaian tersebut effective atau tidak dalam implementasinya terhadap strategi yang diinginkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian Service Excelent yang dilakukan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) di Bank Mandiri khususnya di Hub Falatehan belum dapat mencerminkan kinerja Cabang secara keseluruhan, karena penilaiannya bila dilihat dari konsep Balanced Scorecard hanya meliputi perspektif Customer. Hasil penelitian juga menunjukkan sistem penilaian kinerja yang diterapkan oleh Bank Mandiri walaupun sudah menerapkan konsep Balanced Scorecard, namun belum terbagi secara berimbang diantara 4 (empat) persfektif dan belum sepenuhnya mengimplementasikan strategi perusahaan.
The title of research is “Evaluasi Kinerja Cabang pada Bank Mandiri (Persero) Tbk.â€. The objective of this research are to give understanding and describe briefly about the implementation of performance appraisal system by Marketing Research Indonesia and evaluate implementation of performance appraisal system at Bank Mandiri compared with the relevant theories. This research is kind of descriptive study, which will describe breifly about the implementation the of performance appraisal system by Marketing Research Indonesia (MRI) and performance appraisal system at Bank Mandiri . Then it will be evaluated whether the appraisal system is effective or not to excute the desired strategies. The result of this research show that Service Excelent appraisal by Marketing Research Indonesia (MRI) at Bank Mandiri especially at Hub Falatehan can not describe Over all The Company Performance, which compared the Balanced Scorecard theories, it’s only Customer Perspective. The result of this research also show that performance appraisal system at Bank Mandiri have applied the Balanced Scorecard Concept, although it is not balanced among four perspective and not to execute the company strategies.
Kata Kunci : Balanced Scorecard,Evaluasi Kinerja,Strategi Perusahaan,Sistem Penilaian Kinerja, Balanced Scorecard, Performance Evaluation, Company Strategy