An Implementation of strategic diamonds approach in Internet Service Provider (ISP) :: Case study of PT Wahana Lintas Nusa Persada
ROZAQ, Muhammad Kholid Arif, Hargo Utomo, Dr.,MBA.,M.Com
2005 | Tesis | Magister ManajemenTujuan penelitian ini adalah untuk mendiskusikan beberapa alternatif dalam proses formulasi strategi, terutama konsep dasar dalam formulasi strategi pada tingkat strategi bisnis, khususnya dalam industri Internet Service Provider (ISP). Penelitian ini menitikberatkan pada pendekatan strategi, apakah menggunakan strategi darurat (emergent strategy) atau strategy yang terartikulasi (deliberate strategy), atau campuran keduanya. Selanjutnya, pendekatan apa yang sesuai serta alat (tools) analisa yang sepatutnya dipakai dalam proses formulasi. Parnell, 2003 merekomendasikan untuk menggunakan pendekatan secara komprehensif, model yang sistematis serta dikuatkan dengan pengolahan yang kreatif. Penelitian ini akan mengikuti salah satu pendekatan formulasi yang dikemukakan oleh Hambrick dan Fredrickson, 2001 yang dikenal dengan istilah Strategic Diamonds. Metodologi penelitian ini adalah analisa deskripsi dan eksplorasi. Penulis menggunakan teknik kualitatif yang dirancang untuk mendapatkan kedalaman eksplorasi dan pandangan pelaku-pelaku melalui diskusi secara mendalam dan melalui wawancara perorangan. Pendekatan analisa menggunakan studi kasus (PT Wahana Lintas Nusa Persada, Jogjakarta) untuk mendapatkan analisa yang mendalam yang berkenaan pada suatu peristiwa atau kondisi. Teknik Focus Group, ex post facto design, participant observation dan action research digunakan dalam pengumpulan data. Peubah yang diamati dalam studi ini adalah lingkungan internal dan eksternal perusahaan dan juga mengamati elemen dasar dari strategi. Kesimpulan akhir mengindikasikan bahwa Strategic Diamonds (Hambrick, 2001) sangat berguna dalam mengindentifikasi apa sebenarnya yang menjadi inti dari sebuah strategi. Elemen-elemen dari Strategic Diamonds dapat dipertimbangkan sebagai “penghubung†atau “ titik pusat†dalam merancang sebuah sistim yang komprehensif dan terintegrasi. Berdasarkan analisa internal perusahaan, selama ini PT Wahana tidak mengartikulasikan strategi secara jelas, mereka melakukan unrealized strategy atau emergent strategy. Selanjutnya, penelitian ini mengusulkan kepada perusahaan untuk mengartikulasikan strategi secara jelas (deliberate view), dan sebagai hasilnya, PT. Wahana mengikuti Lima Elemen yang dikenal dengan Strategic Diamonds: arena, vehicles, differentiators, staging and economic logic sebagai inti dari penyusun sebuah strategi.
The purpose of this study is to discuss alternative ways of formulating strategy; focusing on the basic concept of formulating strategy in business-level strategy, particularly in ISP industries and the factors that may support or hinder the formulation. This study is primarily concerned with strategy approach whether using emergent or deliberate strategy, otherwise hybrid of them. And the next, what is appropriate approaches and tools that using to formulate the strategy. Parnell, 2003 recommend to follow a comprehensive, systematic strategic management model, but augment with creative approach. This study wills follows one of strategy formulation approaches as known Strategic Diamonds that proposed by Hambrick and Fredrickson, 2001. Methodology of this study is a descriptive and exploratory analytic. The writer has used the qualitative technique that is designed to explore in detail attitudes and perceptions of individuals through broad-ranging discussions or individual interviews rather than by using structured questioners. The study employs case study approach (PT Wahana Lintas Nusa Persada, Jogjakarta) for an in-depth contextual analysis of a few events or conditions. Focus Group technique, ex post facto design, participant observation and action research has been used in collecting data. Observed Variables in this study are external and internal environment and observe fundamental elements of strategy. Finally, the result indicates that Strategic Diamonds (Hambrick, 2001) is valuable to identify what constitutes a strategy. The five elements of the strategy diamonds can be considered “the hub†or “central nodes†for designing a comprehensive, integrated activity system. Based on internal environment analysis, there is no articulated strategy since PT Wahana established The Company has been doing unrealized strategy or emergent strategy. Further, the research findings propose formulating strategy base on deliberate view or articulated strategy. As the result, PT. Wahana follows five elements as known Strategic Diamonds: arena, vehicles, differentiators, staging and economic logic as substance of strategy
Kata Kunci : Formulasi Strategi,Strategi Bisnis,Internet Service Provider,Formulating Strategy, Emergent Strategy, Deliberate Strategy, Constitutes a Strategy and Strategic Diamonds