Laporkan Masalah

Beberapa konsideran dalam pemilihan dan penggunaan mega portal :: Studi kasus Portal Yahoo di Indonesia

NURDIN, Herry Setiyadi, Hargo Utomo, Dr.,MBA.,M.Com

2005 | Tesis | Magister Manajemen

Tingkat penggunaan portal dalam negeri di Indonesia masih rendah, meskipun sudah tersedia layanan portal produk dalam negeri untuk layanan yang sama. Kondisi ini tidak efisien dilihat dari sisi teknis mapun ekonomi nasional. Studi ini memfokuskan pada penelitian layanan portal dan dipandang dari sisi pemakai. Tujuan utama penelitian ini adalah : (i) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan dan pemilihan portal yang berasal dari luar negeri, sebagai studi akan diteliti portal Yahoo (ii) Mencari model layanan portal yang sesuai dengan karateristik user dan faktor-faktor kritikal yang dominan. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode survey dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data primernya. Metode penyebaran kuesioner dengan menggunakan media Internet. Metode analisa data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode analisis faktor dan analisis Anova. Variabel yang digunakan di dalam penelitian ini adalah : (i) Image (ii) Kredibilitas (iii) Design Portal (iv) Kehandalan sistem (v) Sistem keamanan (vi) Kompetensi (vii) garansi (viii) awareness. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel image, kredibilitas, desain portal, kehandalan sistem, keamanan sistem, kompetensi penyelenggara portal dan garansi merupakan variabel-variabel yang paling mempengaruhi pemilihan penggunaan portal. Variabel-variabel dinamakan sebagai faktor kualitas layanan portal secara menyeluruh. Temuan penelitian lainnya adalah loyalitas dalam portal tidak bergantung kepada brand awareness, tetapi lebih bergantung kepada kualitas layanan

Degree of local portal used in Indonesia are low in compare to foreign portal, even some local portals are already have the same services. The impact of this condition will create large standing of financial resources. This is not such efisien condition from technicaly and economicaly. The Study is focusing on portal services from user point of view. And the objectives this thesis are : (i) to know the factors that influence the user to choose and use the portal, for the case study is Yahoo portal. (ii) To looking for the dominan factors and user charateristic in the model of portal sevices. The research methode that implement are survey using questionnaire as primary tool. The method of collecting data is being done using internet facilities (by web) and the research method is using questionnaire as primer collecting data tools. The data analysis methods are using factor analysis and ANOVA analysis. Variabels that used are : (i) Image (ii) Credibility (iii) Portal Design (iv) Reliability System (v) Security System (vi) Competency (vii) Waranty and (viii) Awareness. The result of research is image, credibility, portal design, reliability system, security system, competency and warranty are as main variables that dominant to influence the portal user. The Variables are referring as a total quality of portal successful factors. Another significant result is that a brand awareness is not directly affected a loyalty of the customers, but rather the customers is incline toward better services.

Kata Kunci : Kepuasan Pemakai,Portal Yahoo, Portal Yahoo, survey by web, Image, credibility, portal design, system reliability, system security, competency, warranty and awareness.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.