Perilaku pencarian informasi pasca pembelian :: Suatu studi terhadap kebingungan pasca pembelian handphone di Jogjakarta
HARTANTO, Himawan Adhi, Hargo Utomo, Dr.,MBA.,M.Com
2006 | Tesis | Magister ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan dan tingkat dominansi antara perilaku pencarian informasi konsumen terhadap fenomena kebingungan pasca pembelian. Studi kasus dilakukan pada responden pemilik HP di Jogjakarta. Analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan pengelompokan yang konvergen pada Faktor Waktu, dimana ketiga faktor lainnya hanya mempunyai satu dan dua butir. Hal ini terjadi dikarenakan karakterisitik data yang tidak sesuai setiap butirnya, dan responden yang kurang mewakili populasi. Namun demikian, hasil studi ini dapat digunakan sebagai acuan dalam menentukan strategi pemasaran khususnya manajer yang bertanggung jawab terhadap program pemasaran untuk dapat melihat semua aspek secara keseluruhan, sehingga pengetahuan konsumen dapat ditingkatkan yang pada akhirnya akan meningkatkan volume penjualan pula.
This research aim to look for the relation and mount the dominance among consumer information seeking behavior to phenomenon of post purchase dissonance. Case study was conducted to respondent of mobile phone owner in Jogjakarta. Analysis used in this research was the factor analysis. Research result show the subdividing which convergent of Time Factor, where third other factors only have one and two items. This matter happened because of inappropriate characteristic each data, every its item, and respondent which less deputize the population. However, result of this study serve the purpose of reference in determining marketing strategy specially manager in charge-of to marketing programs so can see all aspects as a whole, so that consumer knowledge could be improved which in the end will also improve the sale volume.
Kata Kunci : Perilaku Konsumen,Pasca Pembelian Handphone, time consideration, knowledge consideration, earnings consideration, price dispersion consideration, factor analysis, post purchase dissonance