Strategic Group Mapping of Astra's Strategic Business Units Base on Marakon Profitability Matrix (Marakon Tools)
TRIMERTHANA, Pande Nyoman, Ertambang Nahartyo, Dr.,M.Sc
2005 | Tesis | Magister ManajemenTujuan dari analisis pesaing adalah untuk mengembangkan kemungkinan perubahan strategi yang dapat dilakukan oleh tiap-tiap pesaing, kemungkinan tanggapan masing-masing pesaing terhadap serangkaian perubahan industri serta perubahan lingkungan yang lebih luas yang mungkin terjadi. Menurut Thompson, Strickland dan Gamble (2005), pemetaan kelompok strategi adalah teknik untuk menunjukkan perbedaan pasar atau keunggulan dari suatu posisi yang dimiliki oleh perusahaan pesaing dalam suatu industri. PT Astra International Tbk, salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia memiliki beberapa unit usaha yang bergerak di beberapa bidang usaha seperti otomotif, alat berat, industri kayu, pertanian, elektronik, industri jasa dan keuangan. Sebagai perusahaan korporat, PT Astra International Tbk menerapkan beberapa strategi yang berbeda bagi tiap-tiap unit usaha tergantung kepada bidang usaha dan industri yang digelutinya. Hax dan Majluf (1996), mendefinisikan unit usaha strategis merupakan unit operasi atau suatu unit yang terfokus untuk memproduksi dan menjual produk atau jasa tertentu kepada kelompok konsumen yang seragam yang juga dilakukan oleh pesaing yang serupa. Marakon Associates membangun sebuah skema yang berfungsi untuk menggambarkan kontribusi ekonomis dari sebuah unit usaha kepada korporatnya berdasarkan matrik keuntungan. Ada hubungan yang erat antara keuntungan dan pertumbuhan yang diukur dengan spread dan nilai pasar. Dari hasil diskusi tentang hubungan antara keuntungan dan pertumbuhan, hasil dari nilai buku (M/B) dan spread(ROE – kE) dari masing-masing perusahaan adalah tidak selalu sama. Portfolio matrix sangat berguna untuk mengetahui posisi suatu unit usaha jika dibandingkan dengan masing-masing pesaingnya tergantung akan jenis bidang usaha, sehingga manager atau pihak managemen di perusahaan pusat atau korporat dapat merumuskan suatu strategi bagi korporat, yang memiliki keunggulan yang sama dengan yang dimiliki oleh suatu unit usahanya. Sehingga keunggulan tersebut dapat digunakan untuk bersaing melawan para pesaingnya. Portfolio matrix dapat digunakan untuk membantu manager dari perusahaan untuk menganalisa secara eksternal maupun internal dari suatu unit usaha, untuk menyediakan hasil yang sebangun atau serupa dengan prioritas perusahaan, berdasarkan pada performa keuangan perusahaan.
The purpose of competitor’s analysis is to develop the possibility of strategic changes that could be done by each competitor, the responses’ possibility of each competitor on industry’s changes and the wide environment changes that could be happened. According to Thompson, Strickland and Gamble (2005), strategic group mapping is a technique for displaying the different market or competitive positions that rival firms occupy in the industry. PT Astra International Tbk, one of the biggest companies in Indonesia has several business units which are running their business in several types of industry such as automotive, heavy equipment, the wood base industry, agribusiness, electronics, basic industry and financial service. As a corporate company, PT Astra International Tbk applied different strategy to each of their business unit depends on their business unit which is running the business in different industry. Hax and Majluf (1996) define strategic business unit (SBU) is an operating unit or a planning focus that groups a distinct set of products or services sold to a uniform set of customers, while facing a well defined set of competitors. Marakon Associates developed a very useful scheme to portray the economic contribution of each business unit of a firm in terms of what refer to as the profitability matrix. There is close association between profitability and growth as measured by spread, market to book value and net present value. From the discussion on the relationship between profitability and growth, the result of market to book value (M/B) and spread (ROE – kE) of each company is not always going in hand. The result of portfolio matrix is useful to knowing the position between the business units and its competitors in which the business operates so the corporate managers can formulate the corporate strategies that have same competitive advantage with the business units. Portfolio matrix can be use to help company’s manager to analyze external and internal business units, to provide a congruent result with the company’s policy or priority, based on financial performance of the company.
Kata Kunci : Strategi Bersaing,Pemetaan Kelompok Strategi,Unit Usaha Strategi,Portofolio Matrix,Matrik Keuntungan,Keuntungan dan Pertumbuhan, Competitive Strategy, Strategic Group Mapping, Strategic Business Units, Portfolio Matrix, Profitability Matrix, The Relations