Analisis strategi bersaing PT Asia Karsa Indah dalam menghadapi persaingan di bidnag Engineering, procurement, dan Construction untuk pekerjaan integrasi dan pemeliharaan sistem
FEBROANTO, Maulana, Ertambang Nahartyo, Dr.,M.Sc
2006 | Tesis | Magister ManajemenEra globalisasi yang terjadi pada saat ini memberikan dampak bagi dinamika lingkungan bisnis. Perkembangan ini harus direspon dengan semangat untuk maju dan berkembang dengan menciptakan keunggulan bersaing agar dapat bertahan di dalam menghadapi tingkat persaingan yang tinggi. Perubahan lingkungan bisnis yang dihadapi oleh industri Migas menuntut PT. Asia Karsa Indah untuk menentukan strategi bersaingnya dengan tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perubahan lingkungan bisnis tersebut mempengaruhi kegiatan operasional dari PT. Asia Karsa Indah, apa yang dimiliki oleh perusahaan untuk menghadapi perubahan lingkungan tersebut dan bagaimana perusahaan menggunakan apa yang dimilikinya dalam menghadapi perubahan-perubahan lingkungan yang trejadi. Penelitian ini menggunakan analisis lingkungan eksternal untuk mengetahui peluang dan ancaman dengan menggunakan analisa terhadap lingkungan umum dan lingkungan industri menggnakan konsep five-forces model yang dikemukakan Porter (1994). Analisa internal untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dilakukan dengan menggunakan analisis value chain yang dikemukakan Porter (1994). Strategi bersaing dirumuskan berdasarkan analisa terhadap lingkungan eksternal, lingkungan internal, key success factor dan keunggulan kompetitif dari PT. Asia Karsa Indah. Dari hasil analisis diketahui bahwa PT. Asia Karsa Indah, memiliki keunggulan di dalam menghasilkan jasa EPC dan produk sistim dengan dengan harga bersaing dan nilai dalam hal kualitas dan keunikan. Untuk itu strategi yang cocok diformulasikan untuk perusahaan adalah strategi best-cost provider, dengan didukung keunggulan perusahaan dalam hal sumberdaya manusia dan kegiatan pengembangan dan pelatihan.
Globalization era that happened at the moment give the dynamic impact to business environmental. This growth has to be response with spirit to go forward and expand by creating competitive advantage in order to survive facing high level competition. Environmental change of business faced by Migas industry claim PT. Asia Karsa Indah to determine the strategy competes correctly. Intention of this research is to know how environmental change of the business influence the cativity operate from PT. Asia Karsa Indah, what owned by company to face the environmental change and how company use what they owned in face of environmental change that happened. These researches use the environmental analysis of external to know the opportunity and threat by using analysis to common business environment and industrial environment using five-forces concept from Porter (1994). Internal analysis to know company strengths and weakness conducted used value chain analysis model from Porter (1994). Strategy competes formulated pursuant to analysis to environment external, internal environmental, key success factors and competitive advantage fro, PT. Asia Karsa Indah. The result of the research show that PT. Asia Karsa Indah owning excellence in deliver service of EPC and system product with competitive price and asses in the case of quality and features. For that reason, compatible strategy for the Company is best-cost provider strategy, this strategy also supported by company excellence in the case of human resources and activity of research, development and training
Kata Kunci : Strategi Bersaing,Industri Migas,Five,Forces Model,Value Chain, Strategy Analysis, Migas Industry, Five-forces model, Value chain