Evaluasi proyek pembangunan jalan raya ruas Mulia-Ilu Kabupaten Puncak Jaya Provinsi Papua
YOMAN, Girius One, Budiono Sri Handoko, Ph.D
2006 | Tesis | Magister Ekonomika PembangunanPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proyek Pembangunan Jalan Raya Ruas Mulia-Ilu di Kabupaten Puncak Jaya dengan menghitung manfaat dan biaya ekonominya. Adapun wilayah yang dijadikan obyek penelitian adalah wilayah Kabupaten Puncak Jaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil jawaban kuesioner yang disebarkan untuk analisis SWOT. Data sekunder berupa data anggaran dan realisasi kegiatan proyek pembangunan jalan Mulia-Ilu, serta data rute pesawat udara dan darat, biaya penumpang, dan biaya angkut barang dari dan ke Mulia dan Ilu serta wilayah sekitarnya. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Net Benefit Cost Ratio, Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Payback Period, dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan jalan ruas Mulia-Ilu di Kabupaten Puncak Jaya memberikan manfaat ekonomi yang besar terutama dalam mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah. Dengan umur ekonomis 20 tahun dan tingkat diskonto sebesar 8% dan 12%, pembangunan jalan ruas Mulia-Ilu di Kabupaten Puncak Jaya menjadi layak dilihat dari periode pengembaliannya (payback period) selama 2,211 tahun dengan tingkat IRR lebih dari 8% dan 12%. Nilai Net Present Value (NPV) juga bernilai positif. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa pengembangan sarana dan prasarana transportasi berada pada kuadran 1 yang berarti bahwa pengembangan sarana dan prasarana transportasi tersebut berada situasi yang sangat menguntungkan, dimana pemerintah daerah memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Strength-Opportunity).
This research attempted to evaluate the project of road development in line Mulia-Ilu in Puncak Jaya Regency by determining the economic benefit and and cost. The object of this research was Puncak Jaya Province. The data used in the research were primary and secondary data. The primary data was obtained by the result of questionnaire answers in SWOT analysis. Secondary data consisted budget and realization data of the activities in road development project in line Mulia – Ilu, and the airline and hinterland transportation route, the expense of good and person transportation from and to Mulia and Ilu and the surrounding areas. The analysis method applied in this research was Net Benefit Cost Ratio, Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Payback Period, and SWOT analysis. The findings of this research indicated that the road development in line Mulia-Ilu in Puncak Jaya Regency gave high economic benefit especially in contributing to increase the regional economic growth. By the economic age of 20 years and discount rate of 8% and 12%, the road development in line Mulia-Ilu in Puncak Jaya Regency was feasible because the payback period was 2.211 year and the IRR level was more than 8% and 12%. The Net Present Value (NPV) was also positive. The result of SWOT analysis showed that the development of transportation structure and infrastructure was in very advantageous situation, in which the local government had opportunity and strength, so it can use this opportunity. The strategy that must be applied in this condition was supporting the aggressive growth policy (Strength-Opportunity).
Kata Kunci : Proyek Pembangunan Jalan, Biaya dan Manfaat Ekonomi