Analisis kinerja birokrasi pemerintah :: Studi kasus di Sekretariat Daerah Kota Jambi
NEGARA, Tandry Adi, Prof.Dr. Miftah Thoha
2005 | Tesis | Magister Administrasi PublikPelaksanaan Otonomi Daerah dengan kewenangan yang besar yang dimiliki daerah akan sangat bermanfaat bagi publik bila diikuti dengan perbaikan dan peningkatan Kinerja Birokrasi. Pemerintah Kota Jambi dengan Sekretariat Daerah Kota Jambi selaku koordinator merupakan pilar utama didalam mewujudkan birokrasi yang lebih mengedepankan kepada kepentingan rakyat dengan mewujudkan tataran Kinerja Birokrasi Pemerintah yang optimal,fakta empiris menunjukan Kinerja Birokrasi Pemerintah Sekretariat Daerah Kota Jambi belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. Birokrasi yang berbelit-belit dengan proses hirarki yang panjang dan prosedur yang tidak jelas serta pembiayaan yang tidak transparans mewarnai jalannya proses pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, rendahnya disiplin pegawai ditunjukan dengan masih banyaknya pegawai yang datang terlambat dan terjadinya kekosongan ruangan kantor pada jam-jam kerja tanpa diikuti dengan alasan yang jelas, untuk itu upaya peningkatan Kinerja Brokrasi menjadi sangat penting dan urgen untuk ditingkatkan. Upaya peningkatan kinerja birokrasi tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya, didalam penelitian ini Struktur Organisasi, Kualitas Sumber Daya Manusia dan Kepemimpinan merupakan faktor yang dipilih dimana strukutur organisasi menjadi layak untuk diteliti mengingat selama ini diindikasikan Kinerja Birokrasi yang rendah disebabkan desain struktur organisasi yang kurang tepat sehingga fungsi birokrasi tidak berjalan lancar, Kualitas Sumber Daya Manusia sangat menentukan keberhasilan birokrasi didalam pencapaian sasaran dan tujuan birokrasi.Fasilitas dengan tekhnologi yang canggih belum menjadi jaminan akan keberhasilan dari program kegiatan yang diagendakan tanpa diimbangi dengan kemampuan dari aparatur pemerintah yang akan dan mampu memanfaatkan fasilitas yang ada. Kepemimpinan memegang peranan strategis didalam suatu organisasi melalui kepemimpinan yang efektif organisasi dapat dibawa menuju sasaran dan tujuan organisasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode analisis kualitatif yang ditekankan pada studi kasus dimana informasi didapatkan melalui informan yang dipilih secara purpossive dengan teknik pengumpulan data melalui Wawancara, Observasi dan Dokumentasi Hasil penelitian menunjukan rendahnya Kinerja Birokrasi Pemerintah Setda Jambi yang ditunjukan dengan indikator responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas yang rendah didalam birokrasi pemerintah dan hal ini ditambah dengan Struktur Birokrasi yang berat dan boros sehingga cenderung inefisiensi, Kualitas Sumber Daya Manusia yang rendah baik dari segi pendidikan dan kemampuan teknis dan ditunjang dengan Kepemimpinan yang ada tidak efektif didalam meningkatkan kinerja birokrasi pemerintah. Dari hasil penelitian ini Pemerintah Kota Jambi khususnya Sekretariat Daerah Kota Jambi hendaknya melakukan pembenahan dan mengkaji kembali struktur organisasi yang ada dengan menciptakan struktur yang hemat namun kaya fungsi, menjalankan sistem rekrutmen pegawai berdasarkan analisis kebutuhan dengan standart yang berkualitas dengan pola rekrutmen yang transparan dan fair, penempatan pegawai berdasarkan kompetensi pendidikan dan keahlian, mengembangkan kemampuan pegawai dengan pendidikan dan kemampuan keahlian kejenjang yang lebih tinggi secara terus menerus dan terprogram melalui mekanisme yang jelas dan benar,menjalankan sistem penghargaan dan hukuman (Reward And Punishment) yang telah ada secara nyata dan konsisten sebagai wujud penegakan “aturan main†didalam birokrasi serta mendesentralisasikan pendelegasian kewenangan pengambilan keputusan kepada pimpinan diberbagai tingkatan serta meningkatkan kemampuan manegerial pimpinan di berbagai lini didalam Lingkungan Sekretariat Daerah Kota Jambi.
Local autonomy implementation with large authority of local government will be beneficial for public when it is accompanied with both improvement and enhancement of bureaucratic performance. Jambi municipal government coordinated by Secretariat of Municipality becomes the major pillar to attain such bureaucracy, which makes people interest higher than others by attaining optimum governmental bureaucratic performance level. The empirical facts show that the bureaucratic performance of Jambi Municipal Secretariat still works beyond expectance.Complicated bureaucracy with longer hierarchy, vague procedure, and opaque financial system impacts service process to people. Besides, low discipline of civil servants is indicated by many civil servants, who often come late, and vacant office room during working hours with no clear reason. Thus, it is both critical and urgent to enhance bureaucratic performance. An attempt to increase bureaucratic performance is not far from some affecting factors.This research selected lower human resources quality and leadership factor because the organizational structure indicated lower bureaucratic performance due to inappropriate organizational structure design so that the function cannot go smoothly, while human resources determine bureaucratic success in gaining bureaucratic target and goal.Unless governmental apparatus would be willing and capable to use the available facilities, sophisticated facilities and technology would not assure success of program.Leadership was strategic in an organization when effective leader would bring it into its target and goal. This research was descriptive with qualitative analyses emphasizing on case study.Information was gathered from informants selected purposively. Data were collected through interviews, observation, and documentation. The results explained that the lower bureaucratic performance of Jambi Municipal Secretariat was indicated by lower responsiveness, responsibility, and accountability of governmental bureaucracy.In addition, a heavy, prodigal bureaucratic structure tended to be inefficient, while the low quality of human resources, seen from education and technical capability viewpoints, made leadership ineffective in improving governmental bureaucratic performance. Finally, it is recommended that Jambi Municipal Government, particularly the Jambi Municipal Secretariat, should straighten up and review the existing organizational structure by generating economical but functional structure. Recruitment system should be based on demand analysis with qualified standard of transparent, fair recruitment pattern. Civil servants should be positioned under educational competence and expertise basic.Their capability should be continuously developed with higher education and expertise to equip them into higher level, under accurate, unambiguous mechanism of program. The existing reward and punishment system should be applied observably and consistently to establish “playing rule†of bureaucracy and decentralize authority delegation of decision making to each level of leader. Finally, improving managerial capacity of leaders in Jambi Municipality Secretariat neighborhood should be put into practice.
Kata Kunci : Struktur Organisasi,Kinerja Birokrasi Pemerintah,Kualitas Sumberdaya Manusia,Kinerja Birokrasi Pemerintah, Organizational Structure, Quality Of Human Resources, Leadership and Government Bureaucracy Performance