Analisis kebutuhan pegawai dan pengaruhnya terhadap efektivitas kerja pegawai d Sekretariat Daerah Kota Kendari
ASRIYANTO, Zainal, Prof.Dr. Miftah Thoha
2006 | Tesis | Magister Administrasi PublikAdanya berbagai keluhan akan kondisi kepegawaian, pada dasarnya disebabkan oleh pegawai yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Artinya organisasi tidak memperoleh pegawai yang tepat, dalam arti kualitas dan kuantitas. Apabila terjadi demikian, maka organisasi tersebut dapat dikatakan tidak efektif. Untuk mengetahui kesesuaian pegawai dengan kebutuhan dibutuhkan analisis kebutuhan pegawai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa analisis kebutuhan pegawai adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui kesesuaian pegawai dengan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pegawai dengan kebutuhan dan pengaruhnya terhadap efektivitas kerja pegawai di Sekretariat Daerah Kota Kendari. Pegawai yang sesuai dengan kebutuhan adalah pegawai yang berkualitas. Dengan demikian, apabila pegawai sesuai dengan kebutuhan maka efektivitas kerja meningkat. Dan efektivitas kerja pegawai adalah penyelesaian pekerjaan tepat pada waktu yang telah ditetapkan, sesuai dengan tugas dan tanggung jawab pegawai dalam rangka pencapaian tujuan organisasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Frank Lynch yang didistribusikan secara proporsional berdasarkan golongan. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen utama penelitian. Data kuantitatif yang telah dikumpulkan kemudian diolah melalui pengujian regresi. Hasil penelitian berdasarkan kualitas pegawai menunjukkan bahwa pegawai di Sekretariat Kota Kendari belum sesuai dengan kebutuhan. Akibatnya efektivitas kerja pegawai di Sekretariat Daerah Kota Kendari belum baik, yang didasarkan pada produktivitas kerja dan kepuasan kerja. Terdapat pengaruh kesesuaian pegawai dengan kebutuhan terhadap efektivitas kerja pegawai di Sekretariat Daerah Kota Kendari. Besar hubungan yang dihitung dengan koefisien korelasi adalah 0,978. Hal ini menunjukkan hubungan yang sangat erat dan positif. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pegawai yang sesuai dengan kebutuhan akan meningkatkan efektivitas kerja pegawai. Untuk meningkatkan efektivitas kerja pegawai di Sekretariat Daerah Kota Kendari, maka perbaikan dan peningkatan diarahkan kepada dua hal yaitu tingkat kemampuan dan tingkat keterampilan. Dari kedua hal tersebut, yang paling berpengaruh terhadap efektivitas kerja adalah tingkat keterampilan. Artinya tingkat keterampilan yang dimiliki pegawai sangat mempengaruhi efektivitas kerja pegawai.
The complaint of existence about personnel condition, based on the staff need analysis is not appropriate. The meaning is organization does not obtain appropriate staff, within quality and quantity. When it’s happen, organization can be mention is not effective. To understand about personnel compatibility with appropriate as necessity, staff need analysis is necessity. With so conclusions that staff need analysis is the activities to know personnel compatibility as necessity. This research was purpose to understand staff needs analysis and the effect of the apparatus work effectiveness in Regional Secretariat of Kendari City. When the apparatus work effectiveness is a rise meaningful the personnel compatibility already appropriate. And apparatus work effectiveness is finishing the job with the right time, appropriate with task and responsibility to makes organization purpose. Sampling technique use the Frank Lynch formula, which is proportional distributed according to group classification. Data collection was conducted by using questionnaire in the main instrument. Quantitative data was collected afterwards analyzed through regression testing. Research crop base on staff quality show personnel in the Regional Secretariat of Kendari City was not appropriate as needs. Finally apparatus work effectiveness in Regional Secretariat of Kendari City not yet fine, based on work productivity and work satisfaction. There’s an influence personnel compatibility with appropriate as necessity with work effectiveness in Regional Secretariat of Kendari City. The number of coefficient correlation is 0,978. It means correlation is tight and positives. The conclusion is appropriate personnel as necessity will increase staff work effectiveness. To increase employees work effectiveness in Regional Secretariat of Kendari City so repair and upgrading direction in two things was capability level and competent levels. From that’s things, the most influence is competent levels. It means competent levels employees most influence the personnel work effectiveness.
Kata Kunci : Analisis Kebutuhan Pegawai,Efektivitas Kerja Pegawai, Staff Need Analysis, Apparatus Work Effectiveness