Laporkan Masalah

Strategi pemasaran pariwisata alam di kawasan Pengging Kabupaten Boyolali

LISTYARINI, Dyah Ayu, Prof.Dr.Ir. Chafid Fandeli, MS

2006 | Tesis | S2 Magister Kajian Pariwisata

Daya tarik pariwisata yang dimiliki ODTW Pengging berperan dalam menjaring jumlah wisatawan baik lokal, wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Penyusunan strategi pemasaran yang sesuai sasaran dan memnuhi unsur-unsur yang terdiri dari segmentasi pasar, pasar sasaran, penentuan posisi pasar, dan bauran pemasaran sangat membantu pihak pengelola/manajemen dalam mengelola dan mengambil keputusan strategis bagi kelangsungan pengelolaan ODTW Pengging. Pada sisi lain pihak pengelola merumuskan secara sistematis dan menganalisa faktorfaktor yang mempengaruhi kinerja pengelola, diantaranya memaksimalkan kekuatan dan peluang serta di pihak lain meminimalkan kelemahan untuk menhindari ancaman. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan cara pengamatan lapangan, pengembilan sampel, wawancara dengan responden dan pencatatan serta dokumentasi. Wawancara mendalam dilakukan dengan wisatawan dan juga dengan masyarakat sekitar utnuk memperoleh data persepsi. Data persepsi wisatawan diambil secara accidental sampling, selanjutnya data yang diperoleh diolah secara deskrptif dan menggunakan analisa kelayakan SWOT. Dalam lingkungan persaingan yang ada pihak pengelola ODTW Pengging memandang obyek wisata yang berada di sekitarnya bukan hanya sebagai pesaing yang harus diwaspadai, melainkan dipandang sebagai mitra untuk bersama-sam memuaskan pengunjung. Diharapkan dengan adanya tawaran produk wisata yang bervariasi dapat lebih banyak menjaring wisatawan untuk berkunjung serta mendapatkan pengalaman baru. Dapat disimpulkan bahwa kinerja pihak pengelola ODTW Pengging berada pada wilayah dimana terbuka peluang untuk meningkatkan kemampuannya didukung oleh kekuatan yang dimiliki sehingga berada pada posisi yang sangat baik untuk berkembang.

Fascination tourim had by ODTW Pengging play apart in to net the amount of visitor, from local, either from home affairs and also abroad. Compilation of appropriate marketing strategy of target and fulfill elements which consist of market segmentation, targe t market, market positioning and marketing mix are very assisting of management in managing and taking strategic decision to continuity og mangement of ODTW Pengging. At otherside of management formulate sisitematically and analyze factors influencing management of ODTW Pengging performance, among others maximize opportunity and strengh and also on the other hand weakness minimazition and avoid threath. The research methods used was deskriptive research. Primary data gathering was conducted through field observation, sample taking, interviewing respondents and note taking as well as documentation. Depth interviewing with tourist and also community of Pengging area to get perception data. Tourists perception data was taken from the questionaire distribution to respondents who were chosen accidental sampling. After that, the obtained data was analyzed descrptively and by using SWOT to find out its appropriateness. In existing emulation environment, management of ODTW Pengging look into OTDW residing not merely as competitor must take heed, but is viewed as by partner and cooperate to gratify tourists. Expected with existence of product bargain of ODTW Pengging which vary earn the more neting tourists to pay a visit and also get new experience. Inferential that pertformance of ODTW Pengging at region where is open of ooportunity to increase its ability and also supported by strengh had so that reside in beneficial on couse to expand.

Kata Kunci : Pariwisata,Strategi Pemasaran, marketing strategy, nature tourism, Pengging


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.