Pengaruh pelatihan efikasi diri dalam meningkatkan prestasi matematika siswa SMP
SUPRAWATI, M.M. Nimas Eki, Dr. Thomas Dicky Hastjarjo
2006 | Tesis | S2 Psikologi (Psikologi Terapan)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh pelatihan efikasi diri dalam meningkatkan prestasi matematika siswa sekolah menengah pertama. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 48 siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes matematika, skala efikasi diri, dan tes berhitung. Desain penelitian yang digunakan adalah kontrol group pre testpost test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi matematika yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol (t=1,687; p=0,098). Hasil uji beda skor perolehan menunjukkan bahwa pelatihan efikasi diri tidak cukup efektif untuk meningkatkan prestasi matematika (t=1,562; p=0,983)
The main purpose of this research was to find out the influence of selfefficacy training in enhancing secondary students’ math achievement. This research was conducted to identify the difference between the math achievement of those who received the treatment and those who did not. Data collected used tes matematika, skala efikasi diri and tes berhitung. 48 students participated in this study were divided randomly into 2 groups, i.e. experimental and control. Result showed that there was no differences in math achievement between the two groups.(t=1,687; p=0,098). T test for gain score showed that self-efficacy training wasn’t effective enough to enhance math achievement.
Kata Kunci : Prestasi Belajar Matematika,Pelatihan Efikasi Diri, math achievement, self-efficacy.