Laporkan Masalah

Peran pendidikan prasekolah terhadap perkembangan kreativitas anak usia dini

WIJAYANTI, Danik, Prof.Dr. Sartini Nuryoto

2006 | Tesis | S2 Psikologi (Psikologi Perkembangan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kreativitas antara anak yang pernah mengikuti pendidikan prasekolah pada kelas playgroup dengan anak yang tidak pernah mengikuti pendidikan prasekolah pada kelas playgroup. Hipotesis yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini yaitu: (1) Ada perbedaan pemikiran kreatif antara anak yang pernah mengikuti playgroup dengan anak yang tidak pernah mengikuti playgroup. (2) Ada perbedaan sikap kreatif antara anak yang pernah mengikuti playgroup dengan anak yang tidak pernah mengikuti playgroup. (3) Ada perbedaan kreativitas antara anak yang pernah mengikuti playgroup dengan anak yang tidak pernah mengikuti playgroup. Subjek penelitian ini adalah 100 anak-anak TK kecil yang berusia sekitar 4 tahun sampai 5 tahun, yang terdiri dari 50 anak TK kecil yang pernah mengikuti playgroup dan 50 anak TK kecil yang belum pernah mengikuti playgroup. Subjek berasal dari Taman Kanak-kanak Uswatun Hasanah Sleman, Taman Balita dan Taman Kanak-kanak Ceria Timoho Yogyakarta, dan Taman Kanak-kanak Al- Muttaqin Sleman. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan Skala Sikap Kreatif dan Torrance Tests of Creative Thinking Figural Form B (Circle Test), di mana skor kreativitas merupakan penjumlahan dari kedua sub tes tersebut. Dari hasil analisis data dengan menggunakan Independent Sample T Tests, diperoleh kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Ada perbedaan sikap kreatif antara anak yang pernah mengikuti playgroup dengan anak yang belum pernah mengikuti playgroup (t = 3,094, p = 0,003). (2) Anak-anak yang pernah mengikuti playgroup memiliki sikap kreatif yang lebih baik daripada anak-anak yang tidak pernah mengikuti playgroup (M = 60,1068 > 53,0367). (3) Ada perbedaan pemikiran kreatif antara anak yang pernah mengikuti playgroup dengan anak yang tidak pernah mengikuti playgroup (t = 5,178, p = 0,00). (4) Anak-anak yang pernah mengikuti playgroup mempunyai pemikiran yang lebih kreatif daripada anak-anak yang tidak pernah mengikuti playgroup (M = 216,2781 > 183,7218). (5) Ada perbedaan kreativitas antara anak yang pernah mengikuti playgroup dengan anak yang tidak pernah mengikuti playgroup (t = 5,791, p = 0,00). (6) Anak yang pernah mengikuti playgroup memiliki kreativitas yang lebih tinggi daripada anak yang tidak pernah mengikuti playgroup (M = 269,2476 > 230,754).

This study was intended to reveal the differences of creativity between children who had attended playgroup and those who had not before attending kindergarten. The hypothesis where : (1) There was creative thinking difference between children who had attended playgroup and those who had not. (2) There was creative personality difference between childen who had attended playgroup and those who had not. (3) There was creativity difference between children who had attended playgroup and those who had not. The subjects of this study were 100 children Kindergarten students aged 4 and 5 from Taman Kanak-Kanak Uswatun Hasanah Sleman, Taman Bermain and Taman Kanak-kanak Ceria Timoho Yogyakarta, and Taman Kanak-kanak Al- Muttaqin Sleman, consisting of 50 Kindergarten students who had attended playgroup and 50 who had not. Data were collected by administering Skala Sikap Kreatif and Torrance of Creative Thinking Figural Form B (Circle Test), where creativity score was represented by the quantifying of both the sub tests. Based on the analysis using Independent Sample T Tests, the following results were concluded: (1) Difference in creative personality between children who had attended playgroup and those who had not (t = 3,094, p = 0,003). (2) Children who attended playgroup showed a better creative personality compared to children who had not (M = 60,1068 > 53,0367). (3) Difference in creative thinking between children who had attended playgroup and those who had not (t = 5,178, p = 0,00). (4) Children who had attended playgroup showed a higher creative thinking compared to children who had not (M = 216,2781 > 183,7218). (5) Difference in creativity between children had attended playgroup and those who had not (t = 5,791, p = 0,00). (6) Children who had attended playgroup showed a higher creativity compared to children who had not (M = 269,2476 > 230,754).

Kata Kunci : Kreativitas,Pendidikan Prasekolah, creativity, creative personality, creative thinking, preschool


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.