Analisa dan perancangan manajemen trafik :: Studi kasus Fakultas Ekonomi UGM
LARASATI, Intan, Ir. Samiadji Herdunanto, M.Sc
2006 | Tesis | S2 Teknik Elektro (Magister Teknologi Informasi)Manajemen jaringan pada saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan utama pada organisasi-oraganisasi yang memiliki jaringan yang terkoneksi pada jaringan publik atau internet. Organisasi-oraganisasi ini menyadari bahwa mereka membutuhkan kontrol terhadap kegiatan apa saja yang terjadi pada jaringannya. Hal ini diperlukan agar dapat dilakukan pengaturan sehingga aplikasi-aplikasi penting bagi organisasi mendapatkan sumberdaya yang diperlukan untuk berjalan dengan maksimal. Manajemen trafik menjelaskan penggunaan software tools yang dapat digunakan untuk mengatur aliran trafik pada saat melewati jaringan WAN atau koneksi internet. Tools ini memungkinkan pengaturan trafik secara mendetail, yang seringkali digunakan untuk setiap basis aliran trafik. Admin jaringan dapat mengatur trafik pada jaringan berdasarkan tipe aplikasi, user, alamat asal, alamat tujuan, dan variable-variabel lain yang dapat dijalankan secara otomatis. Pada manajemen trafik, termasuk didalamnya pengklasifikasian dan pemindai trafik menurut prioritasnya. Sebagai contoh, aplikasi yang sensitif terhadap delay, seperti voice over IP (VoIP) biasanya hanya diberikan jumlah bandwidth yang relatif kecil dan paket VoIP ini akan diberikan prioritas utama pada antrian. Hasil dari penelitian ini yang termasuk pada desain manajemen trafik adalah rancangan bandwidth untuk tiap vlan yang diberikan prioritas, burst, queuing, bandwidth tambahan ketika jaringan penuh dan terjadi kemacetan pengiriman paket, serta pemberian prioritas untuk protokol-protokol tertentu.
Now days, network management is fast becoming a necessity in converged business networks which connected to internet. These organizations are finding it must control network traffic behavior to assure that their strategic applications always get the resources they need to perform optimally and to serve better Quality of Service for their client. Traffic management describes the use of software tools to set policies that govern how network traffic flows should behave when traversing a WAN or Internet connection. The tools enable granular control over traffic, often on a per-flow basis. Network administrators can set policies that the network automatically enforces based on application type, protocol type, user, source address, destination address, and other variables. Traffic management involves classifying and marking traffic as to its priority. For example, delay sensitive applications like voice over IP (VoIP) usually would have a small amount of bandwidth guaranteed to them, and VoIP packets would be marked for placement in the top-priority queue. The result of this research included traffic management design which incorporated bandwidth required for every prioritized vlan, burst, queuing, additional bandwidth when internet connection jam and priority for certain protocols.
Kata Kunci : Manajemen Jaringan,Kualitas Layanan,Client, Traffic management, Quality of Service, client