Manfaat Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Eka Praja bagi PNS di Kantor Bupati Bangli
ASTAWA, I Dewa Nyoman Oka, Prof.Dr. Mudiyono
2005 | Tesis | S2 Sosiologi (Kebijakan dan Kesejahteraan Sosial)Dengan penitikberatan pelaksanaan Otonomi di Daerah, maka pelimpahan wewenang dari Pemerintah Pusat ke Daerah memungkinkan terjadinya penyelenggaraan pelayanan yang lebih sederhana, cepat, dan lebih murah. Kewenangan tersebut membuka peluang bagi Pemerintah Daerah untuk melakukan inovasi dalam peningkatan kualitas fungsi pelayanan kepada masyarakat. Pemberian pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik merupakan tanggung jawab semua pihak, baik Pemerintah Daerah maupun instansi non Pemerintah Daerah, dan salah satunya telah dilaksanakan oleh Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Eka Praja Kabupaten Bangli dalam memberikan pelayanan kepada anggotanya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemajuan koperasi dalam menghadapi persaingan bidang perekonomian di era globalisasi ini. Kinerja Pelayanan diwujudkan dalam rangka menciptakan suatu modal sosial koperasi agar dapat memberikan manfaat sosial dan ekonomi kepada anggotanya maupun kepada masyarakat luas, sesuai dengan fungsi koperasi itu sendiri. Nilai-nilai kepuasan masyarakat terhadap fungsi pelayanan yang diberikan KPN Eka Praja, sangat ditentukan oleh pengurus itu sendiri, baik dari peran pemimpin maupun pelaksanaan oleh bawahan. Permasalahan yang ada selama ini adalah kinerja pelayanan publik yang diselenggarakan oleh birokrasi pada khususnya, seringkali tidak memuaskan, serta tidak mencerminkan profesionalisme birokrasi ketika melakukan fungsi pelayanan kepada masyarakat. Dengan permasalahan tersebut, untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan KPN Eka Praja Kabupaten Bangli dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, maka Penulis memandang pentingnya evaluasi dan kontrol. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui secara pasti, faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian kinerja pelayanan, (2) Sejauhmana modal sosial yang tercipta dapat memberikan manfaat sosial dan ekonomi koperasi. Jenis penelitian ini menurut tingkat eksplanasi adalah menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat KPN Eka Praja Kabupaten Bangli baik dari segi ekonomi maupun dari segi sosial dapat dirasakan oleh anggotanya dengan baik. Manfaat ekonomi, anggota dapat memenuhi segala kebutuhan seharihari yang diinginkan, karena segala sesuatunya telah disediakan oleh fasilitas usaha KPN Eka Praja, yaitu mulai dari unit toko, unit kantin, unit simpan pinjam dengan ketersediaan barang yang cukup lengkap terjamin kwalitasnya dengan harga yang lebih kompetitif dibandingkan dengan toko atau swalayan. Dengan adanya unit simpan pinjam dengan bunga yang ringan akan semakin meningkatkan minat anggota untuk mengajukan kredit dengan proses yang lebih cepat dan terhindar dari jeratan kaum rentenir. Manfaat sosial yaitu pemberian bantuan pada panti asuhan dan para fakir miskin berupa sembako dan pemberian beasiswa bagi anak sekolah yang berprestasi yang merupakan putra dari anggota yang kurang mampu atau yang bergolongan rendah serta pemberian tunjangan hari tua atau pesangon bagi Pegawai yang berhenti bekerja karena lanjut usia dan pemberian bantuan pengobatan bagi Pegawai KPN Eka Praja atau keluarga Pegawai yang mengalami sakit.
By emphasising on autonomy in the local government, then the delegation of authority from central to local government enabled to occur the simplest, fastest, and cheapest of service implementation. It opened an opportunity for the local government to make an inovation in the increasing of service function quality to the society. The better service distribution to the society from non local government was realized in the form of KPN Eka Praja (The Government Employee Cooperation) in the Bangli regency. KPN Eka Praja was aimed to give broad, transparent, and accountable public service, for the member and society satisfication achievement. The values of society satisfication towards the service function given by manager of KPN itself, from both the leader role and implementation by the subordinates. The set of problems were the unsatisfactory performance of the public service carried by the bureaucracy and it also didn’t reflect the bureaucracy professionalism when it performed service function to the society. Regarding of these problems, the writer considered the importance of evaluating and controlling to know how far the success of KPN Eka Praja in giving services to the member and society. The objectives of this research were: (1) to know for sure the influential factors of the service performance achievement, especially in the service of birth certificate.(2) how did the social capital can give social and economic benefits. This research according to explanation degree was a descriptive qualitative and instruments for data collecting were observation, interviews, and documentation for getting secondary data. The result of the research showed that generally the service performance to the KPN Eka Praja of the Bangli Regency could be reached well, however the weakness was on its limitation of service facilities. Besides the budget limitation of the Bangli Government, it was also the lack of commitment from the supporting local officials agency to work together sinergically in improving the KPN Eka Praja. Whereas leadership factor showed its prominent participation in improving the service performance of KPN Eka Praja. The social capital in the form of trust, networks, and reciprocal could be reached well. The officials professionalism could be said sufficient, where the human resource quality of the service organizer was good enough, the training and education implementation of the supporting activity also ran well. The aspect which needed more intensive attention was the importance of the officials motivation service organizer increase, since from the point of incentive system and career employee development it needed to be increased for the increasing of officials motivation in achieving their better service performance in the future, so that it will reach the customer satisfactory in the public service by the KPN.
Kata Kunci : Koperasi Pegawai Negeri, PNS