Laporkan Masalah

Hubungan antara keharmonisan keluarga dan Self-Efficacy dengan kepuasan kerja pada Guru Sekolah Dasar

SUSATYA, Jajang, IJK. Sito Meiyanto, Ph.D

2005 | Tesis | S2 Psikologi (Psikologi Sosial)

Dalam melaksanakan profesinya seorang guru membutuhkan kondisi yang memberikan kepuasan kerja. kepuasan kerja merupakan hal yang sangat penting bagi guru karena baik secara langsung maupun tidak langsung menentukan keberadaan guru, menunjang produktivitas kerja dan menggambarkan kualitas kerja. Tetapi kenyataannya tidak semua guru dapat dengan mudah meraih kepuasan kerja. masalah kepuasan kerja akan lebih berarti apabila ditempatkan dalam konteks kecenderungan kas individu dan lingkungan sosial seseorang. Oleh karena itu, diindikasikan ada hubungan antara keharmonisan keluarga dan Self- Efficacy dengan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan membuktikan secara empiris hubungan antara keharmonisan keluarga dan Self-Efficacy dengan kepuasan kerja pada guru-guru Sekolah Dasar. populasi penelitian ini adalah guru-guru Sekolah Dasar negeri maupun swasta di Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten dengan jumlah responden sebanyak 77 orang. data diolah dengan analisis Product Momen dan analisis Regresi memakai program statistik edisi Sutrisno Hadi dan Yani Pamardiningsih tahun 2003. Secara bersama-sama terdapat hubungan yang sangat signifikan antara keharmonisan keluarga dan Self-Efficacy terhadap kepuasan kerja, adapun besarnya koefisien korelasi regresi adalah R = 0,807 dan p < 0,01, nilai F-regresi = 69,011 dan koefisien determinasi R² = 0,651 atau sekitar 65,1%. Artinya keharmonisan keluarga dan Self-Efficacy mempengaruhi tinggi rendahnya kepuasan kerja seseorang, besarnya pengaruh kedua variabel tersebut 65,1%. Terdapat hubungan yang signifikan antara keharmonisan keluarga dengan kepuasan kerja dengan koefisien korelasi r = 0,804 dan p < 0,01 . Artinya tingkat rendahnya keharmonisan keluarga guru Sekolah Dasar mempengaruhi tinggi rendahnya kepuasan kerja. Apabila dilihat dari koefisiensi determinasi R² = 0,585 atau sekitar 58,5% berarti sumbangan efektif keharmonisan keluarga terhadap kepuasan kerja berkisar 58,5%. Terdapat hubungan yang signifikan antara Self-Efficacy dengan kepuasan kerja dengan koefisien korelasi r = 0,660 dan p < 0,01. Artinya tinggi rendah Self- Efficacy seseorang mempengaruhi secara langsung tinggi rendahnya kepuasan kerja guru. Apabila dilihat dari koefisiensi determinasi R² = 0,658 atau sekitar 6,58% berarti sumbangan efektif Self-Efficacy terhadap pencapaian kepuasan kerja berkisar 6,58%.

In executing their profession the teachers to need of condition that give work satisfaction. Work satisfaction represent matter which of vital importance for teacher of since either through direct and also indirectly determine teacher existence, supporting work productivity and depict work quality. But in reality do not all teacher earn easily reach for work satisfaction. Work satisfaction problem will be more mean if placed in context of individual cash tendency and the social environment of somebody. Therefore, It is assumed there is relation of between family harmonic and Self-Efficacy with work satisfaction This research aim to prove in the relation empiric of between family harmonic and Self-Efficacy with work satisfaction at teachers of elementary school. This research population is teachers of elementary school of country and also private sector in Kecamatan Klaten Utara, Regency Klaten with responder amount as much 77 people. data processing with analysis of Product Momen and analyse Statistical Regresi program used of edition of Sutrisno Hadi And Yani Pamardiningsih Year 2003. Together there are very relation of significant of between family harmonic and Self-Efficacy to work satisfaction, as for level of coefficient of correlation regresi is R = 0,807 and p < 0,01, value F-Regresi = 69,011 and coefficient of determination R = 0,651 or about 65,1%. His meaning is family harmonic and Self-Efficacy influence high lower satisfaction work somebody, level of influence of the variable second 65,1%. There are relation which significan of between family harmonic with work satisfaction with coefficient of correlation r = 0,804 and p < 0,01. His meaning is his low level is family harmonic teacher of School Elementary influence high lower satisfaction work. If seen from coefficient of determination R = 0,585 or about 58,5% meaning effective contribution of family harmonic to work satisfaction to gyrate 58,5%. There are relation which significant of between Self-Efficacy with work satisfaction with coefficient of correlation r = 0,660 and p < 0,01. His meaning is high lower Self-Efficacy teacher of school elementary influence high to directly lower satisfaction work teacher. If seen from coefficient of determination R = 0,658 or about 6,58% meaning effective contribution of Self-Efficacy to satisfaction attainment work to gyrate 6,58%.

Kata Kunci : Kepuasan Kerja,Self Efficacy,Keharmonisan Keluarga


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.