Pengaruh nama toko, nama merek dan diskon harga pada evaluasi dan niat beli konsumen
HARJANTI, Sri, Bayu Sutikno, SE.,MSM
2006 | Tesis | S2 ManajemenPenelitian ini meneliti bagaimana pengaruh nama toko, nama merek, dan diskon harga sebagai bahan evaluasi konsumen melalui citra toko yang dipersepsikan, kualitas merek yang dipersepsikan, referensi harga internal, dan nilai yang dipersepsikan pada niat beli konsumen. Dengan beberapa treatments (kombinasi dari nama toko, nama merek, dan diskon harga) sebagai atribut dari informasi untuk dieva luasi, kemudian dikembangkan hipotesis mengenai dampak nama toko, nama merek, dan diskon harga terhadap evaluasi dan niat beli konsumen. Hasil penelitian dihasilkan melalui disain eksperimen untuk menguji peran dari nama toko, nama merek, dan diskon harga terhadap evaluasi konsumen (citra toko yang dipersepsikan, kualitas merek yang dipersepsikan, referensi harga internal, dan nilai yang dipersepsikan) dan niat beli konsumen. Penelitian ini melibatkan 320 responden. Hasil eksperimen mendukung model hipotesis mengenai pengaruh nama toko, nama merek dan diskon harga pada evaluasi dan niat beli konsumen. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa citra toko yang dipersepsikan dipengaruhi oleh nama toko dan kualitas barang dagangan yang ditawarkan. Referensi harga internal dipengaruhi oleh diskon harga, nama merek dan kualitas merek yang dipersepsikan. Diskon harga berpengaruh secara negatif pada kualitas merek yang dipersepsikan dan referensi harga internal. Diskon harga, referensi harga internal, dan kualitas merek yang dipersepsikan mempunyai pengaruh yang signifikan pada nilai yang dipersepsikan. Citra toko yang dipersepsikan dan nilai yang dipersepsikan berpengaruh positif pada niat beli konsumen.
This research examines the effects of store name, brand name, and price discounts on consumers’ evaluations (store image, brand quality perceptions, internal reference prices, and value perceptions) and purchase intentions. Using several treatments (combination of store name, brand name, and price discounts) as the attribute information to be evaluated, specific hypotheses about the effects of store name, brand name and price discounts on consumers’ evaluations and purchase intentions. The study reports the results of experiments designed to test the role of store name, brand name, and price discounts on consumers’ evaluations and purchase intentions. The subject of this research are 320 undergraduate students. The results of the experiments support the hypothesized model that suggests that a store’s perceived image is influenced by the sore name and the quality of merchandise it carries. Result also indicate that internal reference price is influenced by price discounts, brand name, and a brand’s perceived quality. Price discounts negatively influenced on a brand’s perceived quality and internal reference price. Price discounts, internal reference price, and brand’s perceived value exerted significant influence on perceived value. Perceived value and store image, in turn, positively influenced purchase intentions.
Kata Kunci : Manajemen Pemasaran,Niat Beli Konsumen,Citra Toko, Merek dan Harga,Store name, Brand name, Price discounts, Perceived store image, Brand perceived quality, Internal reference prices, Value perceived, Consumers’ evaluations, Purchase intent ions