Perlindungan konsumen terhadap produk makanan cacat yang digunakan sebagai konsumsi publik menurut Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen di Kota Makassar
DAHNIAR, Andi Yan, Dr. Hj. Siti Ismijati Jenie, SH.,CN
2005 | Tesis | S2 Ilmu Hukum (Magister Hukum Kenotariatan)Penelitian mengenai Perlindungan Konsumen Terhadap Produk Makanan Cacat yang Digunakan sebagai Konsumsi Publik Menurut Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen merupakan penelitian empiris/sosiologis yang didukung oleh penelitian yuridis normatif, bertujuan untuk mengetahui mampu tidaknya peraturan perundang-undangan yang berlaku sekarang melindungi dan memecahkan masalah yang dihadapi konsumen menyangkut produk makanan cacat menurut persepsi konsumen, Balai POM Makassar, dan YLK Sulsel, dan untuk mengetahui bahwa peraturan perundang-undangan telah atau belum diterapkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Data penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif yaitu dengan mengaitkan data yang diperoleh melalui studi dokumen dengan data yang diperoleh dari penelitian lapangan yaitu dari hasil wawancara dan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UUPK belum mampu melindungi dan memecahkan masalah konsumen yang menyangkut produk makanan cacat. Hal ini disebabkan karena meskipun secara teoritis ketentuan hukum dalam UUPK telah mengakomodir mengenai segala tanggung jawab produsen/pelaku usaha dan hak-hak konsumen, namun tanpa adanya kerjasama yang baik dari pihak konsumen untuk melindungi kepentingannya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam UUPK, maka UUPK tersebut dianggap belum mampu mengatasi masalah perlindungan konsumen. Adapun mengenai efektivitas penerapan UUPK di masyarakat khususnya di kota Makassar, sangat sulit untuk direalisasikan, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: Pertama, kurangnya sosialisasi mengenai keberadaan UUPK yang khusus dibentuk untuk melindungi kepentingan konsumen, sehingga membuat konsumen “buta†akan hak dan kewajibannya. Kedua, lembaga peradilan yang masih saja tampil dengan prosedur yang berbeli-belit, dan ketidakmampuan dari lembaga peradilan itu sendiri untuk menumbuhkan rasa kepercayaan pada masyarakat, Ketiga, sikap sebagian konsumen yang cenderung bersikap masa bodoh, baik itu pada saat akan membeli suatu produk makanan maupun dalam hal memperjuangkan hakhaknya ketika mereka merasa dirugikan.
Research about the consumer’s protection against the defectie food product used as public consumption according to article no. 8 ear 1999 about consumer’s protection is an empirical/sociological research supported with juridical and normative research, which is aimed at knoving whether or not the acting regulations can protect and solve problems faced by consumers concerning the defective food product m the consumer’s perception, Health Clinic of Makassar, and Consumers Foundation of South Sulawesï, and knowing that the regulations haie been applied as it is or not The data of this research were obtained through the primary and second arv data. Data collection and analv sis were done by using descriptive method, namel by relating the obtained data through document study with the dala collected in the field research, namely the ones from interview and questionnaire. The research result shows that article about consumer’s protection has not been able to protect and solve the consumer’s problems concerning defective food product. It is because, though theoretically the regulation as written in the article has been accommodating all the responsibilities of producers and consumer’s right, but without good cooperation amongst the consumers to protect their interests as regulated in the article about consumer’s protection is considered unable to solve the problems of consumer’s protection. The effectiveness of the application of the article, especially in the city of Makassar. is hard to realize. It is caused by several factors such as firrt, the lack of socialiiaúon of the existence of article about consumer’s protection which was designed to protect the interests of the consumer so that the consumers ase “blind†with their rights and responsibilities Second, the courts 1tich still keep the inefficient procedure arid the incapability of the courts to grow trust within the society. Third, the attitude of some consumers which tend to be ignorant with the products they purchased or negligent with their attempts to defend the rights of the consumer who were harmed by the products.
Kata Kunci : Hukum Dalam Bisnis,UU No8 Th 1999,Perlindungan Konsumen,Makanan Cacat,defective food product