Hubungan kepuasan dan kinerja Pegawai Administrasi di RSD Raden Mattaher Propinsi Jambi
RAHMAN, Abd, Drs. Sito Meiyanto, PhD
2005 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat (Manajemen Rumah SakiLatar belakang : Fungsi utama Rumah Sakit adalah memberikan pelayanan kesehatan untuk berbagai penyakit baik bedah maupun non bedah. Pada era globalisasi rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan yang berfokus pada keinginan pasien/pelanggan. Untuk itu rumah sakit harus memperhatikan lingkungan sosial, ekonomi, etika dan prilaku pasien/pelanggan maupun karyawan baik dokter, perawat dan tenaga lainnya yang berkerja di RS. Kinerja yang baik dari karyawan sangat diharapkan oleh RS, hal ini akan mempengaruhi jumlah kunjungan pasien. Pegawai yang bekerja di RS terdiri dari beberapa disiplin ilmu diantaranya tenaga administrasi. Dalam melaksanakan fungsi dan tugas rumah sakit tidak terlepas dari dukungan dan peranan tenaga administrasi, dengan adanya proses administrasi yang baik, maka kegiatan organisasi akan dapat berjalan efisien dan tujuan organisasi akan tercapai. Suatu hal yang penting bagi pihak manajemen Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher Propinsi Jambi untuk menilai kinerja pegawai administrasi dan hal-hal yang mempengaruhi peningkatan kinerja. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara kepuasan dengan kinerja dan mendapat gambaran mengenai tingkat kepuasan dan tingkat kinerja pegawai administrasi RSUD Raden Mattaher Propinsi Jambi. Metode : Jenis penelitian ini adalah analitik non eksperimen dengan rancangan potong lintang (cross sectional) dan analisis kuantitatif. Alat ukur menggunakan kuesioner dengan 55 responden. Hasil dan pembahasan : Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat hubungan positif yang bermakna antara kepuasan dengan kinerja dengan koefisien korelasinya r = 0,415; p < 0,01 (p = 0,000) dan besarnya koefisien determinasi R = 0,172 atau sumbangan efektif kepuasan kerja mempengaruhi kinerja sebesar 17,2%. Analisis regresi sub variabel kepuasan dengan kinerja koefisien korelasinya r = 0,0521; p < 0,05 (p = 0,015) dan besarnya sumbangan koefisien determinasi R2 = 0,272 atau pengaruh sumbangan sub variabel kepuasan kerja terhadap kinerja sebesar 27,2%.
Background: The main function of hospital is providing health service for many kinds of diseases in surgery department as well as non surgery department. In this globalization era, hospital is demanded to provide services that focused on customer’s desire, therefore hospital has to observe social and economic environment, patient/customer’s ethic and attitude, and hospital’s staffs, i.e. doctor, nurse, and other employees who work in hospital. Good performance from employee was expected by hospital because this will influence number of patient’s visit. Employees who work in hospital consist of several disciplines of knowledge, such as administration’s staffs. In obtaining its function and duty, hospital is not released from administration staff’s support and role. By well administration’s process, organization will be working efficiency and organization’s goal will be achieved. One most important thing for hospital’s management of Raden Mattaher district hospital in Jambi province is to value administration’s staff performance and everything that influence performance’s improvement. Objectives: The study aimed to find out the correlation between satisfaction and performance and to observe satisfaction and performance’s level of administration’s staff in Raden Mattaher district hospital, Jambi Province. Method: The study was analytic and non experimental with cross sectional method. Data were analyzed quantitatively. The tool of the study was questionnaire toward 55 respondents. Result and Discussion: The result of the study shows that there is positive correlation between satisfaction and performance with correlation coefficient r = 0.415; p < 0.01 (p = 0.000) and determination coefficient R = 0.172 or effective contribution of job satisfaction influenced performance on 17.2%. Correlation coefficient of regression analysis on satisfaction and performance is r = 0.0521; p < 0.05 (p = 0.015) and the great contribution of determination coefficient is R2 = 0.272 or the influence of contribution of job satisfaction toward performance is 27.2%.
Kata Kunci : Manajemen Rumah Sakit,Kinerja,Kepuasan Pegawai Administrasi