Laporkan Masalah

Performansi fisik Klinik Raifa Ciputat, Jakarta Selatan

ALAM, Syah, dr. Rossi Sanusi, MPA.PhD

2005 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat (Manajemen Rumah Saki

Latar belakang : Salah satu Strategi Pemasaran adalah penampilan fisik yang baik, persepsi konsumen dari servis yang baik dibentuk oleh fasilitas interior dan eksterior . Jumlah pasien bertambah sejak 1983, pelayanan yang dinamis dan sumber daya manusiadan kebutuhan fasilitas bertambah pada tahun 1990 Dokter spesialis bersama dan yang akan datang rumah sakit ibu dan anak Raifa. Metode :Penelitian menekankan segi interaksi antara pasien dengan lingkungan fisik Raifa dimana hasil dari interaksi tersebut akan menjadi acuan Pengambilan Keputusan dalam proses disain . Hasil : Evaluasi terhadap kondisi fisik dilapangan ini adalah sebagai upaya mempertemukan antara tingkat kesesuaian pasien dengan keadaan lingkungan itu sendiri. Kesimpulan : Kesimpulan, kontrol tingkat kebisingan, tingkat pencahayaan dan aspek kenyamanan akan bertambah sejalan dengan kondisi fisik dibangun akan substansi dikembangkan kepuasan konsumen karena fasilitas servis.

Back ground : One of the main Marketing strategy is excellence in physical appearance customer perception of any kind of services would be influenced by interior and exterior of facility. The patient quantity grows from 1983, along with services human resources, and facilities expansion, while in 1990, Doctor specialist practitioner have joined the clinics, and tommorow Raifa children Hospital. Methode : The Research emphasized interaction between patients with the built enviroment in Raifa clinics, as the interaction would be taken as Reference for decision making in design process. Result : Evaluation of the physical conditins of the clinics would be useful to match the physical conditions with the patients expectations. Conclusion : it was concluded that control over noise-level, illuminationlevel, and comfort aspects should be increased as the physical conditions would substantially improve the customer satisfaction over the facilities.

Kata Kunci : Manajemen Rumah Sakit,Arsitektur Medik,Fisik , Service facility 2. Patient perception.3.Physical environment 4. the customer satisfaction..


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.