Competency Leadership Middle Manager dalam melaksanakan kegiatan stratejik di RSUP H. Adam Malik Medan
ROSLITA, Agastya, SE.,MBA.,MPM
2005 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat (Manajemen Rumah SakiLatar Belakang Penelitian : Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan bahwa sebuah rumah sakit adalah suatu organisasi yang memiliki kompleksitas permasalahan yang cukup tinggi, sehingga pengelolaan pelayanan di rumahsakit memerlukan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang tinggi pula dalam melaksanakan setiap kegiatan strategik yang sudah ditetapkan. Pengelola dalam suatu organisasi yang terdiri dari top, middle dan firs line manager harus mampu membawa perubahan yang dapat mengikuti perkembangan dan memenuhi kebutuhan konsumen, untuk itu seorang manajer diharapkan tidak hanya mampu mengelola tetapi juga memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Dalam kenyataan masih ada middle manager yang diangkat hanya berdasarkan pada kepangkatan, eselonisasi tetapi bukanlah seorang yang memiliki jiwa kepemimpinan yang bisa membawa perubahan dalam organisasinya. Untuk itu dalam pemilihan middle manager seharusnya mengikuti standar kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan. Tujuan Penelitian : Penelitian ini ingin melihat bagaimana kondisi level kompetensi middle manager yang ada diRSUP H. Adam Malik Medan dan apakah middle manager membutuhkan pelatihan dan pendidikan tentang leadership. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik yang menggunakan metode kombinasi kualitatif dan kuantitatif dan di analisis dengan analisa domain. Alat bantu penelitian dengan menggunakan kuesioner dan untuk mendukung data primer digunakan in-depth interviews dan observasi . Subjek penelitian adalah middle manager yang ada di RSUP H. Adam Malik, yang terdiri dari:, Kepala Instalasi, Kepala Bagian dan Kepala Bidang. Hasil: Level kompetensi middle manager di RSUP H. Adam Malik rata-rata pada level 2 dan 3 ini menunjukkan bahwa para middle manager yang ada di Adam malik dalam melaksanakan tugas strategiknya masih dalam lingkup tugas yang fundamental walaupun sudah ada respon yang positif terhadap visi, misi dan nilai dalam organisasi, namun belum mampu memprediksi penyimpangan yang terjadi dari tujuan organisasi. Level kompetensi juga masih ada pada level 1 dan level tertinggi hanya pada level 4.
Background: The research is done based on the problem that a hospital an organization which has complicated problems on it. Due to this, the management of service in hospital demands who has a high competent in implementation to every strategic activity that had been determined. The management in organization that consist of the top, middle and first line manager must be able to make a change and be able to satisfy the consumer demand. Therefore, a manager is hoped not only to manage but also to have the spirit of leadership based that can make a change in organization. Therefore, the election of the middle manager should be based on the standar of competency in accorddance with the demand. Object: This Research is aimed to know the condition of the level competency of the middle manager in RSUP H. Adam Malik Medan and know whether the middle manager requires leadership training and education. Method: This was a descriptive explorative study. Data were obtained through secondary data, close questionare, and observation of middle manager activity. They were then analyze qualitatively and quantitative descriptively. They were analized to find out the level of competency and to find out the reeducation. Result: The competency level of middle manager in RSUP H.Adam Malik is commonly in level 2 and level 3. It shows that the middle manager in RSUP H. Adam Malik in Implementing their strategic duties are still in the scope of fundamental duty, even though it has been a positive response to the vision, mission, and the value in organization, but it has been able to predict the divergence of organizational goal.
Kata Kunci : Manajemen Rumah Sakit,Kepemimpinan,Middle Manager, Leadership, Middle Manager, Competency, Competency Level.