Pemodelan berorientasi objek untuk perancangan sistem informasi pelayanan reparasi sepeda motor :: Studi kasus di AHASS PT Astra International Tbk. Yogyakarta
HILDA, Atiqah Meutia, Dra. Sri Hartati, M.Sc.,Ph.D
2006 | Tesis | S2 Ilmu KomputerReparasi adalah pelayanan purna jual sebagai bagian pelayanan dari proses penjualan sepeda motor. Dalam pelaksanaan proses Reparasi, memerlukan suatu sistem informasi yang akan memudahkan proses pelayanan kepada konsumen, penyimpanan data dan pengambilan keputusan bagi manajemennya. Sistem informasi yang akan dikembangkan pada bengkel meliputi pendaftaran konsumen, reparasi, pekerjaan ulang, suku cadang, pembayaran dan pembuatan laporan. Analisis dan perancangan sistem ini menggunakan pendekatan berorientasi objek dengan Unified Modeling Language (UML) sebagai bahasa pemodelannya. Fungsionalitas sistem digambarkan dalam Use Case Diagram. Aspek statis sistem digambarkan dalam Class Diagram dan aspek dinamis sistem digambarkan dalam Behaviour Diagram yaitu Activity Diagram, Statechart Diagram dan Interaction Diagram (Sequence Diagram dan Collaboration Diagram). Implementation Diagram yaitu Component Diagram dan Deployment Diagram memperlihatkan implementasi fisik dari sistem. Fungsionalitas sistem direalisasikan sebagai antarmuka dengan interaksi kelas-kelas didalamnya. Interaksi kelas tersebut digambarkan dalam Interaction Diagram (Collaboration Diagram dan Sequence Diagram). Implementasi perancangan Sistem Informasi Pelayanan Reparasi Sepeda Motor ini menggunakan pemrograman IBM VisualAge Smalltalk Enterprise Client V.6.0., sedangkan Sistem Manajemen Basis Data Berorientasi Objek (OODBMS) yang digunakan adalah IBM DB2 Universal Database Personal Versi 7.2. Sistem Informasi Pelayanan Reparasi Sepeda Motor diakses oleh operator dengan menggunakan user login, dimana akses setiap pengguna mempunyai batasan sesuai kewenangan masing-masing operator. Pengembangan dan implementasi dari perancangan sistem berorientasi objek ini akan lebih cepat dan murah karena adanya sifat penggunaan kembali (Reuseable) sehingga pihak pengembang dapat menggunakan kelas yang sudah ada dan sifat pewarisan (Inheritance) yang memungkinkan untuk membuat kelas baru yang mewarisi sifat-sifat dari kelas yang sudah ada.
Repairing is post sell service that is a part of selling motorcycle process execution of repairing motorcycle. It needs an information system to help carrying out the service. The service processes to customer are storaging data and support the manajer to decide. System information consist of process such as registration, reparation, job replay, spare part, payment and reporting. The analysis and design of this system uses object oriented method and utilities of Unified Modeling Language (UML) as its modeling language. The functional of the system is depicted by Use Case Diagram. Static aspect system describe with Class Diagram and dynamic aspect of the system describe by Activity Diagram, Statechart Diagram and Interaction Diagram (Sequence Diagram and Collaboration Diagram). Component Diagram and Deployment Diagram is used to model the aspects of physical implementation of the system. The functional of the system is formed as interface with class interaction. The class interaction is described in Collaboration and Sequence Diagram. The implementation of the design of Motorcycle Repair Service Information System using IBM VisualAge Smalltalk Enterprise Client V.6.0. The Database of the system uses Object Oriented Database Management System (OODBMS) from IBM, it is called DB2 Universal Database Personal Versi 7.2. The Motorcycle Repair Service Information System is accessed by operator using user login in which every user has limitation depending on its user priviledge. The development and implementation of this object oriented system results in reusable components, such as the existing object classes. The developer can use these classes to develop another system and makes new classes that inherits from the existing classes. The experimental results show that the developed system is capable of checking attendance, accounting salary, and making reports.
Kata Kunci : Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Pemodelan Berorientasi Obyek, Information System, Object-Oriented, Unified Modeling Language, Repair.