Laporkan Masalah

Pengembangan Sistem Informasi Pemasaran berbasis Sistem Informasi Geografis :: Studi kasus Swalayan Pamella Yogyakarta

PUTRA, Edson Yahuda, Drs. Retantyo Wardoyo, M.Sc.,Ph.D

2005 | Tesis | S2 Ilmu Komputer

Sistem informasi pemasaran merupakan bidang tugas manajemen baru dan semakin mendukung peran penting pemasaran dengan semakin kompetitifnya pasar industri. Bentuk-bentuk pengembangan produk dan pasar senantiasa mengandalkan informasi. Untuk melakukan analisis, perencanaan, implementasi dan pengawasan kegiatan pemasaran, manajer pemasaran selalu membutuhkan informasi. Mereka membutuhkan informasi tentang pelanggan, pesaing, dealers dan informasi lainnya. Sistem informasi pemasaran diarahkan untuk mengantisipasi kondisi saat ini dan mendatang, mengumpulkan informasi tentang kondisi pasar dan industri saat ini dan akan datang, tentang reaksi konsumen/pelanggan terhadap keputusan pemasaran, terhadap reaksi pesaing, tentang kesuksesan dan kegagalan implementasi serta perencanaan organisasi. Keberadaaan sistem informasi pemasaran dapat juga digunakan untuk membangun suatu model dari kegiatan pemasaran dan organisasinya Karena pemasaran tidak terlepas dari 4p yaitu : product, promotion, place dan price, maka akan lebih lengkap bila sebuah sistem informasi pemasaran dibuat dengan ada tambahan sistem informasi geografis yang berguna untuk membantu mengetahui place (tempat) yang cocok, product (produk) yang bisa diterima oleh masyarakat dan price (harga) yang bersaing.

Marketing Information Systems (MkIS) is a new management task and is increasingly support the important task of marketing through the competitiveness of industrial market. Product and market development forms always rely on information. In order to analyze, plan, implement, and control the marketing activities, marketing managers need information. They need information about costumers, competitors, dealers, and other information. MkIS is aimed to anticipate the present and future condition, to gather present and future information about condition of market and industry, consumers/costumers’ reaction, marketing decisions, competitors reactions, about the success and failure of implementation and organizational planning. The presence of MkIS can also be used to develop a model of marketing activities and its organization. Marketing is tightly bound to 4Ps, which are: product, promotion, place, and price, therefore, it is beneficial for a marketing information system to be added geographical information system which is useful in knowing the suitable place, acceptable product and competitive price.

Kata Kunci : Teknologi Informasi,Sistem Informasi Pemasaran,SIG, marketing, product, price, competitor, MkIS


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.