Total Quality Management di Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada
CORNELLIA, Ayu Helena, Dr. Erwan Agus Purwanto, M.Si
2006 | Tesis | S2 Administrasi NegaraAdanya privatisasi institusi pendidikan menciptakan suatu keadaan dimana institusi pendidikan harus bersaing untuk memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik bagi pelanggan internal dan eksternalnya. Total Quality Management (TQM) merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus atas produk, jasa, manusia, proses dan lingkungannya. Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Fakultas Kedokteran UGM sebagai salah satu program magister di Universitas Gadjah Mada memiliki jumlah mahasiswa yang banyak setiap tahunnya dan selalu dinamis dalam perkembangannya. Hal ini menuntut S2 IKM untuk dapat selalu memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas berdasarkan TQM yang merupakan sistem manajemen yang mengangkat kualitas sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan. Dengan demikian, pendapat staf dan pengelola S2 IKM serta mahasiswa sebagai pelanggan digali lebih dalam untuk mencari tahu apakah TQM sudah diterapkan di program studi S2 IKM dengan baik atau belum. Penelitian ini menggunakan gabungan metode kualitatif dan kuantitatif dengan deskriptif analitik. Responden studi kualitatif adalah staf dan pengelola S2 IKM sebanyak 16 orang yang dipilih secara purposive. Subyek studi kuantitatif adalah mahasiswa S2 IKM sebanyak 127 orang yang dipilih dengan simple random sampling. Data kualitatif diambil dengan wawancara mendalam dan data kuantitatif diambil dengan kuesioner persepsi mahasiswa terhadap kualitas pelayanan di S2 IKM. Kuesioner ini terdiri dari 22 item pernyataan dengan jawaban SS (Sangat Setuju), S (Setuju), R (Ragu-ragu), TS (Tidak Setuju), STS (Sangat Tidak Setuju). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TQM sudah diterapkan di S2 IKM dengan baik walaupun masih dalam bentuk yang belum diformalkan dan belum dirumuskan pedoman. Disarankan hendaknya direktur dan pengelola S2 IKM dapat memasukkan aspek-aspek TQM kedalam bentuk yang lebih baku. Untuk mewujudkan keberhasilan TQM, komunikasi yang efektif dan efisien; dukungan dari manajemen puncak; evaluasi bagi dosen/pengajar, staf dan pengelola yang berkelanjutan; dan pelayanan pendidikan di S2 IKM harus lebih terintegrasi/seragam. Sehingga, pelayanan pendidikan di S2 IKM akan lebih berfokus pada TQM yang mengutamakan kualitas bagi pelanggan internal dan externalnya.
The privatization of education institution creating a situation where each education institution should compete each other to give the best service for its internal and external customer. Total Quality Management (TQM) is an approach in implementing efforts that trying to maximize organization’s competitiveness through continuous improvement in product, service, human resource, process and environment. Public Health postgraduate program, Faculty of Medicine, Gadjah Mada University possess a great number of student annually and always dynamics in its development. This condition demanding this institution to give a qualified education service based on TQM which considered as management system that prioritized on quality as a strategy and customer’s satisfaction oriented. Therefore, opinion of staff and management as well as the students was further examined in order to find out whether TQM has already well applied in Public Health postgraduate program, Faculty of Medicine, Gadjah Mada University or not. This was a combined qualitative and quantitative research that used descriptive analytic. The respondent of qualitative study was 16 staff and management who were selected purposively. The subject of the quantitative research was 127 students of Public Health postgraduate program, Faculty of Medicine, Gadjah Mada University who were chosen with simple random sampling technique. Qualitative data was taken with in-depth interview and quantitative was taken with questioner of student’s perception toward service quality in Public Health postgraduate program. The questioner consists of 22 statement items with answers of SS (Sangat Setuju/Very Agree), S (Setuju/Agree), R (Ragu-ragu/not sure), TS (Tidak Setuju/Disagree), STS (Sangat Tidak Setuju/Very Disagree). The result of the research showed that TQM has been well applied in Public Health postgraduate program, Faculty of Medicine, Gadjah Mada University although it still not yet formalized and formulized into guidance. It is suggested that the director and management of Public Health postgraduate program could includes aspects of TQM in a more standardized form. In order to create the successfulness of TQM, effective and efficient communication, support from top management, continuous evaluation for lecturer, staff and management; as well as education service in Public Health should be more integrated. Hence, education service in this institution will be more focus on TQM which prioritized in quality for internal and external customer.
Kata Kunci : Kualitas Layanan Pendidikan,TQM,Kepuasan Pelanggan,TQM, education service, quality