Laporkan Masalah

Analisis minat konsumen terhadap pemanfaatan RSUD Pemangkat Sambas Kalimantan Barat

SOBARI, Ayi, dr. Ova Emilia, M.Med.,Sp.OG.,Ph.D

2005 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat (Manajemen Rumah Saki

Latar belakang: Rendahnya tingkat hunian tempat tidur dan adanya penurunan angka hunian tempat tidur (BOR) RSUD Pemangkat, serta rendahnya jumlah kunjungan pasien rawat jalan periode tiga tahun terakhir ini, menunjukan adanya permasalahan penurunan minat konsumen terhadap pemanfaatan rumah sakit. Hal ini menuntut manajemen rumah sakit untuk segera menganalisis dan mengantisipasi perubahan perilaku konsumen tersebut. Tujuan: Mengetahui perilaku konsumen dalam memanfaatkan pelayanan instalasi rawat jalan, khususnya : 1. Mengetahui apakah ada pengaruh sikap, norma subyektif dan pengalaman masa lalu, terhadap minat perilaku konsumen dalam memanfaatkan pelayanan RSUD Pemangkat dan faktor mana yang dominan. 2. Mengetahui apakah ada perbedaan sikap, norma subyektif dan pengalaman masa lalu terhadap minat perilaku konsumen antara kelompok pasien lama dan pasien baru. Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional dan alat penelitian berbentuk kuesioner. Subyek penelitian adalah 125 pasien Instalasi Rawat Jalan RSUD Pemangkat dengan teknik pengambilan sampel menggunakan systematic sampling. Analisis data menggunakan: Analisis deskiptif, uji korelasi, regresi berganda, dan uji t. Hasil: Sikap, norma subyektif berpengaruh terhadap minat pada pasien baru dan faktor norma subyektif lebih dominan. Sikap, norma subyektif dan pengalaman masa lalu berpengaruh terhadap minat pasien lama dan pengalaman masa lalu merupakan faktor dominan. Terdapat perbedaan yang signifikan pada norma subyektif dan minat memanfaatkan pelayanan Instalasi Rawat Jalan RSUD Pemangkat, sedangkan keyakinan sikap dan evaluasi sikap tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok pasien lama dengan pasien baru. Norma subyektif serta minat pada pasien baru lebih tinggi dibandingkan pasien lama. Kesimpulan: Rumah sakit perlu melakukan pemasaran, dikemas dalam kegiatan yang melibatkan masyarakat dan perlu melakukan personal selling. Untuk memberi pengalaman yang baik bagi konsumen dan menciptakan citra positif bagi rumah sakit, maka RSUD Pemangkat harus meningkatkan kualitas pelayanan.

Background: The low and decreasing number of BOR, and the low number of patient’s visit in outpatient department at Pemangkat district hospital on the last third year showed decreasing consumer’s interest toward hospital’s utilization. This required hospital’s management to analyze and anticipate consumer behavior’s changes soon. Objectives: This Research was intended to identify consumer behavior’s in exploiting service of outpatient department, in particular: 1. Knowing what is there influence of attitude, subjective norm and past experience to behavioral consumer interest in exploiting service of RSUD Pemangkat and which factor are dominant 2. Knowing what is there is difference of attitude, subjective norm and past experience to behavioral consumer interest of between group old patient and new patient. Method: This Research use of cross sectional design and research subject is 125 outpatient of RSUD Pemangkat with technique intake of sample use Systematic Sampling. Data analysis use descriptive data analysis, correlation test, multiple regression statistic, and t-test. Result: Attitude, subjective norm influenced interest of new patient and subjective norm found as the dominant faktor. Attitude, norm subjective and past experience has an effect on to patient interest and past experience represent dominant factor. There are differences which significant norm of subjective interest and exploit service of RSUD Pemangkat, while attitude beliefs and attitude evaluations do not there are difference which significant between old patient groups with new patient. Subjective norm and also interest at higher to new patient compared to old patient. Conclusion: Hospital suggested to marketing of hospital, tidy in the form of activity entangling society and requires conducting personal of selling. To give good experience for consumer and create positive image to hospital, hence RSUD Pemangkat have to improve the quality of service.

Kata Kunci : Manajemen Rumah Sakit, Strategi Pemasaran, Perilaku Konsumen, Interest, Theory of Planned Behavior, Marketing.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.