Laporkan Masalah

Analisis persepsi wanita ditinjau dari faktor demografi terhadap Female Role Portrayals dalam iklan televisi, Company Image, dan Purchase Intention

RAHAYU, Deny Danar, Bayu Sutikno, SE.,MSM

2005 | Tesis | S2 Manajemen

Thesis ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis persepsi wanita yang ditinjau dari faktor demografi, seperti; usia, tingkat pendidikan, dan pendapatan responden terhadap female role portrayals dalam iklan di televisi dan pengaruhnya terhadap company image dan purchase intention dengan menggunakan analisis ANOVA untuk pengujian didalam penelitian. Dari hasil uji ANOVA menunjukkan bahwa untuk variabel female role portrayals dalam iklan shampoo Herbal Essence di televisi terdapat perbedaan persepsi responden yang dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, tetapi untuk faktor usia, dan pendapatan tidak ada pengaruh terhadap female role portrayals dan untuk variabel company image dalam iklan shampoo Herbal Essence di televisi terdapat perbedaan persepsi responden yang dipengaruhi oleh faktor usia, tingkat pendidikan dan pendapatan, sedangkan untuk variabel purchase intention dalam iklan shampoo Herbal Essence di televisi terdapat perbedaan persepsi responden yang dipengaruhi oleh faktor usia, tingkat pendidikan dan pendapatan. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah hasil yang diperoleh tidak dapat digunakan untuk menggenalisir bahwa faktor demografi berpengaruh pada persepsi mereka terhadap female role portrayals dalam iklan di televisi dan pengaruhnya terhadap company image dan purchase intention karena penelitian ini hanya meninjau dari satu jenis iklan produk shampoo. Sehingga untuk penelitian selanjutnya diperlukan survei dengan responden, kategori produk dan iklan yang lebih beragam.

The objective of this research was to identify the perception of women which are influenced by demography element such as age, education rate, and income of the respondents, in the view of female role portrayals in the television advertisement and the effect to the company image and purchase intention by using the ANOVA analysis as the test toll of this research. Based on the result of ANOVA, it showed that in the female role portrayals variable of the television’s advertisement of Herbal Essence shampoo, there was different perception among the respondents which was influenced by education but there was not different perception among respondents which was influenced by age element, and income rate, in the company image variable of the television’s advertisement of Herbal Esssence shampoo, there was different perception among the respondents which was influenced by age element, education rate and income ratet. Furthermore, in the purchase intention variable of the television’s advertisement of Herbal Essence shampoo, there was different perception among the respondents which was influenced by age element, education, and income rate. The limitation of this research is that the result cannot be used to generalized that the demographic factors influences their perception of the female role portrayals in the advertisement of television and the effect to the company image and purchase intention because this research only observed one sort of shampoo product advertisement. As the result, the further research needs the survey to the respondents, product classification and the various advertisements.

Kata Kunci : Manajemen Pemasaran,Iklan TV,Persepsi Wanita, Perception, female role portrayals, company image, purchase intention


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.